Wisata Alquran, Upaya Pembentukan Karakter Islami Santri TPQ

Kota Magelang – Menghidupkan semangat anak anak dalam mempelajari Islam dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya seperti yang dilakukan Seksi Pakis Kankemanag Kota Magelang yang bekerja sama dengan Badko LPQ dan Forum Komunikasi Dinniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Magelang. Lomba Islami se-TPQ Kota Magelang berhasil digelar dengan sukses atas dukungan dari Pemerintah Kota Magelang serta berbagai pemangku kepentingan.

Acara yang digelar di obyek pariwisata Kyai Langgeng dengan menerapkan protokol kesehatan ini  diikuti oleh seluruh santri TPQ se-Kota Magelang. Sedangkan lomba yang dilangsungkan diantaranya hadroh klasik, MTQ, menggambar, mewarnai, sholat berjama’ah serta lomba-lomba exebhisi lainnya, (Ahad, 5/12).

Dalam sambutannya walikota Magelang mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan acara yang diselenggarakan oleh panitia. “Pagi ini, saya dan bapak wakil walikota sangat bahagia atas respon antusias dari seluruh pengurus TPQ yang ada di Kota Magelang. Hari ini membuktikan bahwa di Kota Magelang akan lahir generasi-generasi yang tangguh dan berakhlakul karimah. Kami selaku pemimpin tidak perlu lagi terlalu khawatir terhadap ketersediaan generasi muda Islami di Kota Magelang. Ribuan santri cilik saat ini berkumpul untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ini semua wujud keberhasilan para ustadz/ustadzah pengasuh TPQ,” ungkap dr. Aziz.

“Kami sangat mengucapkan terimaksih dan mengapresiasi atas kerjasama dan sinergitas dari kementerian agama Kota Magelang, Pemerintah Kota, Badko LPQ, FKDT dan seluruh pengurus TPQ. Tanpa  adanya komunkasi yang baik, tidak akan mungkin acara ini bisa berjalan dengan sukses. Kita akan agendakan agar kegiatan seperti ini minimal bisa terselenggara sekali disetiap tahunnya,” tegasnya kemudian.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kankemenag Kota Magelang pasca memberikan sambutan, beliau menyempatkan menyambangi dan menyemangati para santri TPQ yang sedang mengikuti berbagai lomba.

“Tetap semangat ya, raihlah prestasi yang terbaik. Buktikan kalau kalian semua adalah santri-santri yang berkualitas dari Kota Magelang,” ujar Sofia Nur. (Hari).