Dalam Rapat Perdana 2022 Kakanwil, Musta’in Ahmad Tegaskan Kepada Jajaran Eselon III untuk Fokus Memberikan Arahan Terkait Moderasi Beragama kepada Seluruh ASN Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Semarang (Humas) – Bertepatan dengan Hari Amal Bhakti yang di diselenggarakan setiap awal Tahun yakni tanggal 3 Januari, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad beserta seluruh jajaran Eselon III mengikuti malam tasyakuran HAB ke-76 Kemenag 2022 secara Bersama – sama pada (4/1/2022).

Setelah acara tasyakuran selesai Kakanwil, Musta’in Mengajak Seluruh jajaran Eselon III untuk melaksanakan rapat perdana Tahun 2022. Bertempat di Ruang Rapat Kakanwil, rapat dimulai dengan mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan HAB yang telah berlangsung. Musta’in merasa HAB Tahun 2022 ini sudah terselenggara dengan cukup baik, namun beliau juga berpesan bahwa dalam kegiatan HAB ini masih memiliki berbagai catatan yang dapat kita pelajari. Evaluasi yang paling penting adalah gladi bersih. Dalam evaluasi tersebut Musta’in menyatakan bahwa gladi bersih kegiatan itu adalah sebuah hal yang sangat penting, dan beliau juga menyatakan dalam sebuah gladi bersih seharusnya prememory hanya digunakan untuk pemberi sambutan acara.

“Dari mulai membaca sejarah, doa hingga tamu undangan naik keatas kepanggung itu semua harus kita persiapkan dengan matang,” pungkas Musta’in.

Memasuki tahun 2022 dimana kedepannya Jabatan Kasi dan Kasubag akan dihapus sesuai amanat Peraturan Menteri PAN RB No 17/2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Oleh karena itu Musta’in mengajak seluruh jajaran Eselon III untuk lebih aware dengan seluruh staff yang ada dimasing – masing bidangnya. Dan Musta’in juga menegaskan kepada seluruh Jajajran Eselon III untuk berfokus memberikan arahan terkait `Moderasi Beragama` kepada seluruh staff yang ada dibidangnya.

“Kita sudah memberikan pengertian terkait Moderasi Beragama ke berbagai tempat, jangan sampai di Tempat kita malah ada yang belum paham betul dengan apa itu moderasi beragama,”ujar Musta’in.

Dan dengan adanya isu terkait hal intoleran hingga kekerasan dan pelecehan akhir – akhir ini, Musta’in menegaskan untuk setiap pimpinan dan staff harus aware dengan kasus tersebut.

“Saya tidak ingin ada ruang sedikitpun untuk seluruh hal yang intoleran bahkan berbabu kekerasan hingga pelecehan, khususnya di seluruh satker Kanwil Kemenag Prov. Jateng.” Tegas Musta’in.

Dan diakhir Kakanwil, Musta’in mengajak setiap Jajaran Eselon III untuk selalu bertemu Bersama minimal 1 bulan sekali. Harapannya dengan adanya pertemuan secara rutin tersebut dapat menciptakan keberhasilan target-target setiap satker Kemenag Prov. Jateng khususnya dalam mendukung 5 Program Prioritas Kemenag RI.

D/RFS