Diklatsar KIR dan Jurnalistik Ke-2

Kab. Pekalongan – Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan dasar (Diklatsar) Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik ke-2. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni hari Jumat-Sabtu, tanggal 28-29 Januari 2022, bertempat di aula lantai 2 MAN Pekalongan. Kegiatan yang mengusung tema “Madrasah Young Researcher Super Camp” ini merupakan langkah awal dalam menyongsong kegiatan Madrasah Young Resesrcher Super Camp (MYRES).

Peserta kegiatan Diklatsar ini adalah seluruh anggota KIR dan Jurnalistik serta perwakilan siswa-siswi MAN Pekalongan. Adapun tujuan kegiatan diklatsar ini adalah : 1. Melatih remaja melakukan penelitian ilmiah yang terkait dengan lingkungan sekitar; 2. Menggali potensi remaja di bidang penelitian sebagai human investment untuk mengisi pembangunan di masa mendatang; dan 3. Meningkatkan kesadaran akan pemanfaatan hasil penelitian terhadap pengelolaan dan pemecahan masalah di lingkungan sekitar.

Selama diklatsar, peserta disuguhi berbagai materi, yakni : 1. Motivasi meneliti bagi remaja; 2. Metodologi penelitian; 3. Pengantar penelitian dan penulisan karya ilmiah; 4. Observasi lapangan; 5. Teknik penyusunan proposal penelitian; 6. Teknik penyusunan slide presentasi; dan 7. Teknik presentasi ilmiah.

Adapun yang bertindak sebagai narasumber : 1. Drs. Kunto Susatyawan, M.Pd. (SMAN 1 Teras Boyolali); 2. Agus Nugroho, M.Pd (SMAN 3 Salatiga); 3. Fahrurazy, S.Si. (SMAN 1 Kaliwungu); 4. Indro Kusumo Bawono, S.Pd., (SMAN 2 Surakarta).

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Wewet Priyatna, S.Pd., berharap kegiatan Diklatsar ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta. “Kegiatan Diklatsar KIR dan jurnalistik kali ini diharapkan mampu membekali anak-anak dalam berkarya ilmiah dan sebagai persiapan awal untuk ajang kompetisi seperti MYRES dan lomba karya tulis ilmiah lainnya. “ungkapnya. (C-NA/Ant/bd).