Kaleidoskop 2021 UPZ Kankemenag Kota Semarang

Semarang–Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kota Semarang memiliki tugas membantu BAZNAS Kota Semarang dalam mengumpulkan dan menyalurkan ZIS pada Kankemenag Kota Semarang. Selain itu UPZ Kankemenag Kota Semarang juga bertugas untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan, serta menyusun Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT).

Dalam rangka pemenuhan pertanggungjawaban tugas tersebut, Kamis (6/1), UPZ Kankemenag Kota Semarang laporkan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2021 di Delman Resto Simongan Ngemplak Semarang Barat. ” UPZ Kankemenag Kota Semarang telah melaksanakan pentasarufan ZIS sesuai dengan regulasi dan kemaslahatan masyarakat,” tutur Cholidah Hanum,

Gara Zawa selaku Ketua UPZ Kankemenag Kota Semarang kepada peserta kegiatan Rakor, Kamis (6/1).
Pada kesempatan ini Hanum, sapaan akrab Ketua UPZ Kankemenag Kota Semarang, menyampaikan kaleidoskop 2021 UPZ Kankemenag Kota Semarang, diantaranya pembagian 280 paket sembako kepada keluarga Kemenag Kota Semarang yang terdampak banjir pada bulan Februari lalu, dimana UPZ Kankemenag Kota Semarang bekerjasama dengan DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan DWP Kemenag Kota Semarang serta BSI MT. Haryono Semarang.

Pada bulan Ramadan 1443 H, UPZ Kankemenag Kota Semarang membagikan zakat fitrah kepada mustahik dan dhuafa. UPZ Kankemenag Kota Semarang juga menggandeng BSI MT. Haryono Semarang dalam kegiatan pendistribusian daging hewan qurban pada tahun lalu.

“Dalam rangka peringatan 10 Muharam 1443 H dan HUT ke-76 Kemerdekaan RI beberapa waktu lalu, UPZ Kankemenag Kota Semarang telah mentasarufkan 100 santunan dan paket sembako kepada anak yatim/piatu, 100 santunan dan paket sembako kepada marbot masjid/musholla, 50 paket sembako kepada petugas kebersihan, keamanan, pramubakti pada Kankemenag dan KUA serta dhuafa, 33 bantuan pendidikan bagi siswa madrasah,” lapor Hanum.

Kegiatan lain yang telah dilakukan UPZ Kankemenag Kota Semarang adalah peduli pandemi Covid-19, antara lain sosialisasi prokes 5M dan 1D melalui pemasangan MMT dan pamflet pada masjid/musholla se Kota Semarang yang bekerjasama dengan penyuluh agama, pembagian 760 masker, vitamin dan hand sanitizer kepada pegawai di lingkungan Kankemenag, KUA, madrasah dan tempat ibadah se Kota Semarang, serta pembagian 60 paket sembako dan APD kepada marbot masjid/musholla di Kota Semarang. Selain itu juga penyemprotan desinfektan di 16 masjid se Kota Semarang.

Pada tahun 2021, UPZ Kankemenag Kota Semarang juga telah menyalurkan bantuan tanggap bencana kepada MI Miftahul Huda Semarang Utara.
“Terima kasih kepada para muzaki, para ASN Kemenag Kota Semarang yang telah ikhlas menyalurkan zakatnya melalui potongan gaji dan tukin secara rutin setiap bulan melalui UPZ Kankemenag Kota Semarang, semoga dicatat sebagai amal pahala dan berkah bagi muzaki serta bermanfaat bagi mustahik,” pungkas Hanum, yang diamini oleh peserta kegiatan.–Hanum/NBA/bd