Kemenag Kudus Kerjasama Dengan Rutan Guna Pembinaan Kepribadian Dan Kerohanian Bagi WBP

Kudus,  –Pembinaan kepribadian bagi narapidana ataupun tahanan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh Lapas ataupun Rutan, tidak terkecuali Rutan Kelas IIB Kudus. Untuk meningkatkan kualitas pembinaan bagi WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan).

Terkait dengan hal tersebut Rutan mengadakan Pertemuan dengan  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus (31 /12/2021) .  Pertemuan tersebut guna meningkatkan Pembinaan Kepribadian dan Kerohanian bagi warga binaan pemasyarakatan. Hal ini juga dalam rangka untuk menindaklanjuti Kesepakatan Bersama dari Kementerian Agama Kabupaten Kudus dengan Rutan Kelas IIB Kudus No: B-1027/KK. 11. 19/6/BA. 00/03/2021 dan No: W13.PAS.PAS33.PK.01.05.04-714 Tentang “Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Intensif” di Rutan Kelas IIB Kudus.

Suprihadi, Kepala Rutan Kelas IIB Kudus menerangkan bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsi pembinaan kepribadian, diperlukan adanya sinergi dengan Kemenag Kabupaten Kudus. 

“Pembinaan kepribadian menjadi sangat penting dilakukan untuk warga binaan. Hasil koordinasi dengan Kemenag Kabupaten Kudus diantaranya mendatangkan khotib dan imam pada sholat Jum’at, pembinaan kepribadian agama Islam pada bulan suci Ramadhan, dan pelayanan pembinaan kepribadian agama Nasrani dan Kristen pada tahun 2022,”ungkap Suprihadi. 

Kedatangan pejabat structural Rutan Kelas IIB Kudus disambut baik oleh Kepala Kemenag Kabupaten Kudus, Suhadi. Beliau menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik kerjasama yang terjalin tersebut. 

“Pada dasarnya kami siap untuk bersama Rutan Kelas IIB Kudus melakukan pembinaan bagi warga binaan. Akan kami upayakan yang terbaik agar apa yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik”, tutur Suhadi. 

Diharapkan dari pertemuan tersebut, terdapat kerjasama baik yang selalu terjalin antara Kemenag Kabupaten Kudus dan Rutan Kelas IIB Kudus. (St.Zul/wwk/bd).