Kunjungan Kerja Kakankemenag ke MI Swasta di Kaliwiro

Wonosobo – Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, didampingi Kasi PAIS, Nawawi, dan Kasi Penma, Totok Jumantoro, lakukan kunjungan kerja di MI Ma’arif Lebak, Kecamatan Kaliwiro Wonosobo, Rabu, (29/12).

Kunjungan kerja yang dilaksanakan pada akhir tahun 2021 tersebut sekaligus untuk memberikan pembinaan dan penyerahan bantuan Baziz untuk pembangunan kembali lokasi bencana longsor yang menimpa MI Ma’arif Lebak beberapa waktu yang lalu.

Selain Kakankemenag beserta Kasi, hadir dalam acara tersebut yakni Ketia Komisi D DPRD Wonosobo, Ahmad Faizun, Pengawas Madrasah, pengurus K3 MI Kabupaten Wonosobo, K3 MI Kecamatan Kaliwiro, Kepala MI se Kecamatan Kaliwiro, serta pengurus dan komite MI Maarif Lebak.

Dalam sambutan dan pembinaannya, Ahmad Farid, menegaskan bahwa Madrasah Swasta harus mandiri. Kedekatan Kepala, Guru, Komite, bahkan alumni harus dijalin dan transparan agar terbangun kekompakan dalam Madrasah,

“Untuk menjadi madrasah yang mandiri dibutuhkan system manajerial yang baik. Komunikasi dan kekompakan seluruh elemen didalamnya menjadi kata kunci. Kepala harus tegas dan mengayomi, jangan menjadi pimpinan yang otoriter. Dari kita untuk kita, maka berikanlah sesuatu yang bermanfaat dulu kepada masyarakat maka kita akan merasakan feedbacknya,” kata Farid.

Ia juga menyampaikan, menjadi guru di madrasah berarti mengabdi untuk negara, umat dan Agama. “Membentuk karakter siswa yang bermoral, Qonaah, dan berakhlakul Karimah adalah salah satu PR guru di Madrasah. Kita harus bisa bersaing dengan sekolah pada umumnya, kita harus memiliki nilai unggul untuk mampu bersaing,” imbuhnya.

Ia berpesan, agar seusainya kegiatan belajar mengajar, seluruh guru dapat dikumpulkan untuk membangun komunikasi serta menemukan solusi ketika masing-masing guru mendapati kendala dalam proses belajar mengajar.

Sementara itu, Faizun, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan kerja Kakankemenag. “Terimakasih atas kunjungannya, semoga dengan adanya pembinaan ini, system manajerial madarasah swasta dapat lebih dioptimalkan lagi,” kata Faizun.(Ps-ws/sua)