Melalui Permainan Outbound, Setiap Pegawai Diimbau Untuk Mengambil Peran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang–Sabtu (29/1), Kankemenag Kota Semarang adakan kegiatan outbond bagi pegawainya baik ASN maupun non ASN, baik di tingkat kantor kota, KUA Kecamatan, serta madrasah negeri dan swasta. Kegiatan ini dilaksanakan di Green Valley Resort Bandungan Kabupaten Semarang.

Kegiatan awal, peserta dikumpulkan di tanah lapang yang cukup luas dan diminta untuk berbaris menempatkan diri membentuk tulisan MANTEP, dimana MANTEP merupakan slogan Kemenag Kota Semarang yang berarti komitmen Kankemenag Kota Semarang yang Mudah, Amanah, Tepat dan Profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tidak hanya membentuk huruf, tujuan dari permainan ini adalah peserta mengambil perannya masing-masing sehingga dapat terbentuklah bentuk tulisan MANTEP,” tutur Mukhlis Abdillah selaku Kepala Kankemenag Kota Semarang.

Senada dengan yang disampaikan Mukhlis, Ahmad Dani selaku instruktur yang ditunjuk untuk memimpin peserta outbound ini, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan awal ini adalah kerja sama antar peserta. “Peserta harus menempatkan diri, dan juga memberikan tempat bagi rekannya agar tepat dalam membentuk huruf dan tulisan yang diinginkan, kalau masing-masing tetap memegang egonya, tidak saling bekerja sama, maka huruf atau tulisan tersebut tidak akan mungkin bisa terbentuk,” jelas Dani.

Dalam kegiatan ini, masing-masing peserta membawa kertas dua warna yaitu merah dan putih. Peserta penuh konsentrasi mendengarkan perintah instruktur, untuk mengangkat warna kertas sesuai dengan instruksi. “Kekompakan dari setiap peserta mengikuti perintah instruktur, menjadikan huruf dan tulisan ini nampak bagus jika dilihat dari atas menggunakan drown. Ini merupakan filosofi, jika setiap unsur yang ada di Kankemenag Kota Semarang kompak dengan satu komando pimpinan, maka visi dan misi instansi akan dapat terwujud,” imbuh Dani.

Kegiatan ini diabadikan menggunakan drown, sehingga jika dilihat dari udara atau atas, akan nampak bagus terbentuk tulisan MANTEP, dimana sesuai aba-aba, tulisan akan nampak berwarna sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh instruktur. Jika instruktur memerintahkan peserta untuk mengangkat kertas warna merah, maka nampak dari atas, tulisan MANTEP berwarna merah, begitu pula pada saat instruktur menyerukan warna putih, maka peserta akan mengangkat kertas berwarna putih, sehingga nampak dari atas tulisan MANTEP berubah warna menjadi putih. Dan yang terakhir instruktur memberikan komando agar barisan membagi diri ada yang mengangkat kertas berwarna merah, dan ada pula yang mengangkat kertas berwarna merah putih sehingga jika dilihat dari atas seperti bendera Indonesia yaitu berwarna merah putih.

Mukhlis berharap, melalui kegiatan Capacity Building yang dikemas dalam acara outbound, dapat meningkatkan solidaritas, kekompakan dan kinerja pegawai Kankemenag Kota Semarang yang akan berimbas pada meningkatnya kualitas pelayanan publik.(NBA/bd)