Menyemarakkan HAB Ke 76 Kemenag RI Selenggarakan Malam Tirakatan dan Khotmil Qur’an

Grobogan – Dalam rangka menyemarakkan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI Ke-76, jajaran kantor Kemenag Kabupaten Grobogan mengadakan rangkaian kegiatan, salah satunya malam tirakatan  dan Khotmil Qur’an yang dilaksanakan di Aula Kemenag Grobogan pada waktu 18.00 sampai selesai, Minggu (02/01/2022) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat dan prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.

Kepala Kemenag Grobogan, Imron Rosyidi menyampaikan Kemenag dengan notabanenya Instansi keagamaan, dalam memperingati HAB ke 76 di tahun 2022 yang masih adanya pandemi. Maka diperingati secara sederhana dan bermakna walaupun ada liburan Natal dan Tahun Baru.

“Kita harus mematuhi dan kita jalani untuk memperingati HAB ke 76 Kemenag RI secara sederhana saja dan tidak boleh menghadirkan kerumunan atau menghadirkan banyak orang, kita harus mematuhi rambu-rambu dari pusat,” ungkap Imron Rosyidi.

Lebih lanjut Imron mengatakan, HAB ke 76 tahun 2022 mempunyai tagline yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Dan untuk Kemenag Grobogan sendiri peningkatan tranformasi seluruh umat akan diwujudkan dengan pelayanan publik peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” katanya.

Beliau menambahkan, bahwa kita harus pandai menyikapi semua berita yang terkait Kemenag, seperti contoh kecil Menag mengucapkan hari raya untuk umat non muslim, itu semata-mata Kementerian Agama (Kemenag) adalah suatu lembaga Pemerintahan yang menaungi seluruh Agama dan umat yang berada di Indonesia. Dan sementara ini Menag berupaya membangun pelayanan publik berupa revitalisasi KUA, agar pelayanan publik semakin nyaman. Ditahun 2022 Menteri Agama mengedepankan program revitalisasi KUA, program transformasi umat dan program digitalisasi pelayanan publik dalam meningkatkan tranformasi umat.

“Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. Untuk itu, jadikan agama sebagai   inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama,” bebernya.

Dia juga mengajak kepada seluruh Pegawai Kemenag Grobogan untuk merefleksi diri dalam meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama, memperkuat moderasi dan kerukunan beragama, meningkatkan layanan keagamaan, layanan pendidikan, produktifitas dan daya saing pendidikan, memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai yang tercantum dalam visi dan misi Kementerian Agama.

“Semoga dengan acara khotmil Qu’an kita semua mendapatkan keberkahan dan bisa menjadikan Kementerian Agama mampu mengemban amanah umat,” ujarnya.(bd/sua)