MI Nashrul Fajar Kota Semarang mengikuti program vaksinasi Covid-19

Semarang-900-an siswa MI Nashrul Fajar Kota Semarang mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Madrasah Jalan Tunggu Raya Timur No 1.  Vaksinasi yang dilakukan oleh Tim dari Puskesmas Rowosari ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan pihak Madrasah yang dilaksanakan selama 2 hari. Selasa, 28 Desember 2021 dilaksanakan vaksin untuk kelas 1 hingga sebagian kelas 3, dan Rabu, 29 Desember 2021 dilaksanakan vaksin untuk sebagian kelas 3 hingga kelas 6. Tentunya kegiatan ini telah di setujui oleh seluruh wali siswa MI Nashrul Fajar Semarang.

Kepala Madradah MI Nashrul Fajar mengatakan bahwa vaksinasi di Madrasah khususnya di MI Nashrul Fajar Kota Semarang, merupakan tindak lanjut progam pemerintah untuk usia 6-11 tahun yang wajib untuk dilakukan demi keberlangsungan kegiayan Pembelajaran. “kami sangat menyambut dengan baik program vaksinansi ini agar berjalan dengan lancar karena program ini merupakan program yang akan mendukung kegiatan pembelajaran kedepan,” ujar Abdul Khoer dalam keterangannya.

Vaksinasi Covid-19 ini menggunakan vaksin Sinovac, Kegiatan vaksin Covid-19 di MI Nashrul Fajar Kota Semarang merupakan kegiatan vaksinasi dosis pertama. Dosis kedua akan diberikan pada Hari Selasa, 25 Januari 2022 untuk kelas 1 hingga sebagian kelas 3, dan hari Rabu, 26 Januari 2022 untuk sebagian kelas 3 hingga kelas 3 mendatang.

Saat vaksinasi, para siswa hanya menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) di meja pendaftaran ulang. Vaksinasi dimulai siswa  pada pukul 07.30 – 11.00, kegiatan dilakukan secara bergantian dimulai dari kelas rendah hingga kelas tinggi. Kegiatan awal siswa melakukan Tensi, pada kegiatan ini guru MI Nashrul Fajar ikut serta membantu untuk melakukan tensi kepada anak-anak. Setelah tensi, selanjutnya siswa melakukan screening yang tempatnya bersebalahn dengan tensi. Screening dilakukan oleh dokter dan dibantu oleh tanaga kesehatan dari Puskesmas Rowosari. Untuk penyuntikan tersedia di ruang ruang kelas yang telah di desain sedemikian rupa, penyuntikan dilaksanakan oleh 3 tenaga kesehatan dari Puskesmas Rowosari dan dibantu oleh guru dalam mendata siswa yang telah selesai melakukan Vaksin.

Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 di MI Nashrul Fajar Kota Semarang juga dihadiri langsung oleh  Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Swasti Aswagati beserta jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri beserta jajarannya, Pengawas Madrasah Ibtidaiyah, Amhal Kaefahmi, Kepala Kelurahan Meteseh dan Babinsan Kelurahan Meteseh.  “Disini di hari kedua inj ada 372 siswa yang mengikuti vaksin dan kegiatan selesai dengan cepat dan lancar, untuk itu kami sangat mengapresiasi kinerja Puskesmas, Disdik dan Dinkes yang terus memberikan dorongan kepada anak untuk aktif ikut program vaksinasi,” kata Swsri Aswagati selaku ketua Komisi D DPRD Kota Semarang.

Vaksinasi di MI Nashrul Fajar Kota Semarang  berjalan lancar dan tidak ada siswa yang mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Orang tua murid salah satu siswa MI Nashrul Fajar Kota Semarang, Ristyaningsih menyambut baik dilakukanya vaksinasi di sekolah. “Alhamdulillah, saya bersyukur dengan adanya program ini, saya jadi lebih tenang ketika anak saya berada di madrasah bersama teman-temannya, semoga hal ini dapat mendukung kegiatan pembelajaran Tatap muka di Madrasah agar lebih maksimal lagi”  katanya.

Sementara itu, menurut salah satu siswa yang ikut program vaksinasi, Faris Al-Ghifari, bahwa program vaksinasi ini membuatnya jadi lebih tenang. “awalnya takut tapi ternyata eggak sakit, saya  senang mengikuti kegiatan vaksinasi ini supaya bisa masuk sekolah seperti dahulu”, ucap Faris. 3/1/2022 (skr/bd)