Penerimaan PPL UIN Walisongo Semarang oleh Kakankemenag Salatiga

Salatiga – PPL merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pihak Kemenag Kota Salatiga dengan pihak UIN. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman didampingi Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh, Hj. Retno Worowidati pada giat penerimaan  secara resmi 4 mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) UIN Walisongo Semarang  di Ruang Kerja Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, Selasa, (11/1/2022).

Keempat mahasiswa yang didampingi dosen pembimbing Dr. Hasyim Hasanah M.S.I tersebut berasal dari Program Studi (prodi) Manajemen Haji dan Umroh dan akan melaksanakan PPL selama 1 bulan terhitung dari tanggal 10 Januari sampai dengan 12 Februari 2022 yang akan ditempatkan di Seksi PHU.

“Saya selaku kepala kantor menerima secara resmi para mahasiswa IAIN yang akan melaksanakan PPL di Kantor Kemenag Kota Salatiga karena hal ini merupakan salah satu bentuk kerjasama UIN dengan Kemenag Salatiga,“ ujar Kakankemenag.

KakanKemenag berharap para mahasiswa menjalin komunikasi yang baik dengan para pegawai di Kantor Kemenag Kota Salatiga terutama di tempat mereka ditugaskan.

“Saya berharap kalian dapat menjalin kerjasama yang baik dengan para ASN di mana kalian akan ditempatkan dalam menjalankan tugas masing-masing. Yang terpenting adalah kalian harus senantiasa melakukan komunikasi dengan pelaksana yang ada di seksi masing-masing, kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan pelaksanaan PPL selama berada di sini,” terang Taufiq.

Terakhir, Kakankemenag menjelaskan diakhir penarikan nanti oleh Dosen pembimbing, para mahasiswa dituntut untuk membuat paparan dan harus dipresentasikan, yang disaksikan oleh kepala Kemenag dari bidang yang dikuasainya,“ pungkas Taufiq.

Sebelumnya, Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Hasyim Hasanah, M.S.I mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kemenag kota Salatiga yang telah berkenan menerima PPL dari mahasiswa UIN Walisongo Semarang.

“Untuk itu, kami sangat berterimakasih kepada keluarga besar Kantor Kementerian Agama, yang telah berkenan menerima mahasiswa kami dengan baik. Dan kami sangat berharap kerjasama ini bisa berlanjut dan berkesinambungan kedepannya,” ujar Hasyim Hasanah.

Diatambahkan oleh Hasanah, teknis pelaksanaan PPL ada dua yakni secara minor dan mayor. Untuk Pelaksanaan PPL minor teknisnya di Penyelenggara lembaga mitra mulai dari administrasi, pelaksanaan, evaluasi, yudisium atau penilaian sedangkan PPL mayor, mahasiswa langsung ditangani oleh dosen pembimbing yang dikuatkan dengan penilaian public speaking.(Khusnul-Fitri/Sua)