Pesta Demokrasi dan Aktualisasi Potensi SDM di MTsN 2 Pekalongan

Kab. Pekalongan – Merupakan hari yang sangat istimewa bagi MTsN 2 Pekalongan. Pada hari ini digelar sebuah hajatan besar yakni Pemilihan Wakil Kepala Madrasah untuk masa jabatan tahun 2022-2024. Kegiatan yang berpusat di ruang kelas 7C dan 7D ini diikuti oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan. Pada pukul 09.00 WIB acara resmi dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah bersama-sama dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sabtu (15/1/2022).

Dalam prakatanya, Ketua Panitia Pemilu Waka, Rohman, S.Pd.I, menyampaikan beberapa hal penting diantaranya mengenai Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1531 tahun 2020 yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan Pemilu Wakil Kepala Madrasah kali ini.

Di dalam Perdirjen tersebut tercantum dengan jelas petunjuk teknis pelaksanaan mulai dari persyaratan bakal calon, mekanisme penetapan calon, hingga tata cara pemungutan suara. Ia juga membacakan SK Kepala Madrasah yang berisi penetapan calon Wakil Kepala Madrasah bidang Humas dan Sarpras yang akan dipilih hari ini. Adapun kandidat Wakil Kepala Madrasah yang mengikuti kontestasi ini antara lain : Abdul Djamil, S.Ag; Nursinggih Ramadhani, S.Pd; dan Heri Suksmadi, S.Pd selaku calon Wakil Kepala Bidang Sarpras, serta Nok Uzana, S.Ag, Ubaidillah, S.Ag.,M.Pd., dan Tri Desy Susanti, S.Pd selaku calon Wakil Kepala bidang humas.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti, S.Pd.,M.Si.,M.Pmat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah mempersiapkan pesta demokrasi ini dengan sangat baik.

“Pemilihan Wakil Kepala dengan mekanisme pemungutan suara secara demokratis ini adalah yang pertama di MTsN 2 Pekalongan, namun para panitua dapat menyiapkannya dengan baik. Ini merupakan sebuah prestasi dan saya mengapresiasinya. Kepada seluruh calon, saya ucapkan juga terima kasih atas partisipasinya sebagai kontestan pada pemilu waka yang perdana ini. Mari ikuti dengan penuh sportivitas dan semangat kebersamaan. Siapapun yang terpilih nanti, semoga membawa kebaikan dan kemuliaan bagi madrasah kita tercinta.” tuturnya.

Proses pemilihan umum diawali dengan pembacaan tata tertib dan alur pemungutan suara oleh Wakil Ketua Panitia, Achmad Suharno, SE. Kemudian dilanjutkan dengan proses pemungutan suara. Para pemilih menggunakan hak suaranya secara bergiliran dan tertib. Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia, jumlah pemilih yang hadir adalah 53 orang, sedangkan 8 orang tidak hadir. Setelah dilakukan penghitungan suara yang disaksikan oleh para saksi dan seluruh pemilih, diperoleh hasil : 1). Waka Humas : Nok Uzana (8 suara); Ubaidillah (43 suara); Tri Desy Susanti (1 suara) dan 1 suara tidak sah; 2). Waka Sarpras : Abdul Djamil (40 suara); Nursinggih Ramadhani (10 suara); Heri Suksmadi (1 suara) dan 2 suara tidak sah.

Berdasarkan rekapitulasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa yang menjadi Wakil Kepala Madrasah untuk periode tahun 2022 s.d. 2024 adalah Ubaidillah sebagai Waka Humas dan Abdul Djamil sebagai Waka Sarpras.

Setelah penandatangan berita acara penghitungan suara dan pengesahan hasil pemilu, keduanya berkesempatan menyampaikan sambutan. Mereka menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam proses pemilihan.

“Semoga saya bisa melaksanakan amanah ini dengan baik. Tentu saja, dukungan, saran dan kerjasama bapak ibu sekalian sangat saya butuhkan. Semuanya demi mewujudkan cita-cita bersama, yakni terciptanya MTsN 2 Pekalongan yang hebat bermartabat.” harap Ubaidillah.

Acara Pemilu Waka diakhiri dengan doa yang dipandu oleh H. Supriyanto, S.Pd., M.A. Selamat dan Sukses untuk Wakil Kepala Madrasah yang terpilih. Semoga dapat mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab serta dapat menjadi energi dan semangat baru yang positif dalam langkah bersama menuju terwujudnya MTsN 2 Pekalongan yang lebih baik, lebih hebat, mandiri dan berprestasi. (Why/Ant/bd).