Karanganyar – Menyikapi adanya penyempurnaan dan peralihan SKP tahun 2021, kelompok kerja pengawas Pendidikan Agama Islam ( Pokjawas PAI) Kabupaten Karanganyar mengajak dan memfasilitasi guru-guru PAI yang diperbantukan ( DPK ) di sekolah dinas mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Karanganyar untuk mempelajari dan membedah isi SKP terbaru yang dikemas dalam rakor bersama seksi pakis.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 60 peserta dari unsur pengawas dan guru-guru PAI DPK tersebut mengawali realisasi program kerja Pokjawas PAI tahun 2022. Rakor yang juga diisi pembinaan dari Kepala Kantor Kemenag Karanganyar, Wiharso  dan Kasi Pakis Kemenag Kabupaten Karanganyar, Makhalis tersebut digelar di aula SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang cukup representatif pada hari Rabu, (19/1).

Ketua Pokjawas Kemenag Kabupaten Karanganyar Suparmin menjelaskan bahwa kegiatan rakor akan diisi pembinaan dan bedah SKP terbaru dengan mendatangkan nara sumber pengawas PAI dari Kabupaten Banyumas.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memotivasi kinerja guru- guru PAI sekaligus memfasilitasi penyusunan SKP terbaru bagi pengawas dan guru yang akan kenaikan pangkat,” terang Suparmin.

Wiharso, Kepala Kemenag Kabupaten Karanganyar menghimbau guru-guru PAI agar jangan pernah merasa lelah mempersiapkan anak-anak sholeh-sholehah.

“Tantangan ke depan makin berat mari kita evaluasi apakah PAI sudah menjadi pembiasaan dan karakter bagi siswa-siswa kita di sekolah maupun di rumah,”  ajak Wiharso.

Di akhir sambutannya Wiharso berharap selesai kegiatan nanti ada follow up yang signifikan terutama pada pembuatan SKP tahun 2021 dan 2022.

Kepala seksi pakis, Makhalis mengingatkan guru-guru PAI untuk terus berupaya mengembangkan model pembelajaran dengan mengikuti dan menyesuaikan perkembangan kurikulum yang berlaku.

“Peran guru PAI  pada pembelajaran paradigma baru harus bisa diandalkan,” pinta Kasi Pakis.

Bertindak sebagai pemandu jalannya bedah SKP dengan dibimbing oleh Moh.Sururi pengawas PAI bersama Didit Ariyanto sebagai nara sumber dari Kabupaten Banyumas. Didit menjelaskan proses pengisian SKP, perhitungan angka kredit hingga cetak SKP terbar. Untuk tahun 2021 SKP disusun persemester sedangkan pada tahun 2022 dan seterusnya menggunakan SKP tahunan.

Mengakhiri Kegiatan  rakor, Munfarid  selaku  Pengawas PAI SMP, SMA dan SMK menekankan pada guru -guru PAI untuk menjaga marwah Kemenag dengan selalu berupaya meningkatkan kompetensi dan menjadi ujung tombak Kemenag di lingkungan umum. Dalam forum ini pula disepakati terbentuknya paguyuban guru PAI DPK Kemenag dengan ketua terpilih, Samsuri, guru PAI SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.(ida/sua)

Tampil Sebanyak : 234