Siap Lahirkan Hafiz dan Hafizah, MAN 2 Banjarnegara Gelar Pelatihan Menghafal Al-Qur’an

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara menggelar acara Pelatihan Cara Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfiz di ruang multimedia,Sabtu, (29/1). Acara tersebut mengundang KH Achmad Syukron pengasuh PPTQ (Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an) Roudhotul Quran Wangon Banjarnegara sebagai pemateri.

Sekitar 60 peserta terdiri dari peserta didik dan guru hadir dalam kegiatan yang dibuka pada pukul setengah sembilan tersebut. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan serta pemahaman mendalam bagi peserta didik khususnya tentang bagaimana cara menghafal Al-Qur’an yang efektif. Dalam paparan materinya, KH Ahmad Syukron menyampaikan pentingnya menghafal secara kontinu. “Menghafal Al-Qur’an adalah proses yang tidak instan, tapi bertahap dan terus menerus. Kuncinya istiqomah dan tidak mudah menyerah,” ungkapnya.

Sementara Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah menjelaskan madrasah mendukung penuh kegiatan tersebut dan berusaha memberikan fasilitas terbaik bagi para penghafal Al-Qur’an salah satunya dengan menggelar acara ini.

“Kami mendukung sepenuhnya potensi-potensi hafiz dan hafizah untuk menambah hafalan dan menjaganya. Adanya Pelatihan Kelas Tahfiz ini adalah upaya kami salah satunya,” jelasnya. Masih menurut Ridlo, pihaknya tentu sangat bangga dengan adanya peserta didik yang hafal Al-Qur’an di madrasah. “Anak-anakku semua, madrasah tentu saja sangat senang dan bangga dengan kalian. Kalian memberi cahaya bagi madrasah sebagai wadah belajar agama dan ilmu Al-Qur’an. Lalu, di akhirat nanti kalian yang akan memberikan mahkota untuk kedua orang tua,” imbuhnya.

Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan. Hal ini terlihat sejak awal mereka masuk sudah membawa Al-Qur’an dan mengikuti acara tersebut dengan khidmat. “Saya merasa senang bisa mengikuti kegiatan ini, Alhamdulillah. Terima kasih madrasah sudah mengadakan acara pelatihan ini,” ungkap Fani Fajriyah salah satu peserta dari kelas XI.

Dalam kesempatan tersebut, MAN 2 Banjarnegara juga menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PPTQ Roudhotul Qur’an yang isinya tentang kerja sama penyelenggaraan Kelas Tahfiz bagi peserta didik. (ta/ak/rf)