Siswa MI Ma’arif Kalipelus Terima Suntikan Vaksin Covid-19

Banjarnegara – UPTD Puskesmas Purwanegara 1 bekerjasama dengan MI Ma’arif Kalipelus mengadakan vaksinasi covid-19 guna tingkatkan kekebalan tubuh siswa terhadap virus covid-19. Vaksinasi ini dilaksanakan di UPTD Puskesmas Purwanegara 1 pada hari Selasa (18/1). Selain siswa kelas 1, pada hari tersebut seluruh siswa MI Ma’arif Kalipelus bersama dengan siswa SD se-Desa Kalipelus, yaitu SD Negeri 1, SD Negeri 3 dan SD Negeri 4 Kalipelus menjadi target vaksinasi.

Total siswa MI Ma’arif Kalipelus yang masuk daftar target vaksinasi berjumlah 230 siswa. Dari jumlah tersebut, terdapat 186 siswa yang lolos screening (penyaringan/pemeriksaan awal). Siswa yang tidak lolos screening dikarenakan beberapa hal, diantaranya dalam kondisi kurang sehat, dalam masa pemulihan setelah sakit dan belum diizinkan oleh orang tua siswa.

Selain siswa yang tidak lolos screening, siswa kelas 1 MI Ma’arif Kalipelus pada kegiatan tersebut juga tidak masuk daftar target vaksinasi dikarenakan baru saja mendapat suntikan vaksin MR (Measles Rubella) pada hari Kamis (13/1). Vaksin MR merupakan jenis vaksin yang bertujuan untuk mencegah virus measles (campak) dan virus rubella (campak Jerman/rubella).

Dalam kegiatan vaksinasi, kepala MI Ma’arif Kalipelus, Kartono menjelaskan tujuan dari pelaksanaan vaksinasi. “Pelaksanaaan vaksinasi covid-19 ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan komunal (herd immunity) di lingkungan MI Ma’arif Kalipelus, dan sebagai persiapan awal PTM (Pembelajaran Tatap Muka) secara penuh atau PTM 100%,” terangnya.

Kartono juga mengungkapkan rasa senangnya dengan vaksinasi covid-19 untuk siswa didiknya. “Kami, seluruh warga MI Ma’arif Kalipelus sangat senang dengan vaksinasi ini, kami juga sangat berterima kasih atas kerjasama pihak UPTD Puskesmas Purwanegara 1, kepolisian dan TNI yang mengamankan kegiatan, terlebih khusus untuk siswa dan orang tuanya yang dengan sabar, tertib menunggu giliran vaksinasi,” ungkapnya. (sp/es/ak/rf)