081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Siswa-Siswi MIN Kota Semarang Ikuti Seleksi Bina Prestasi 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang—Sabtu (29/1), merupakan hari yang cukup menegangkan bagi peserta didik MIN Kota semarang. Hal ini dikarenakan pada hari tersebut, MIN Kota Semarang melaksanakan kegiatan Seleksi Bina Prestasi 2022 bagi siswa kelas 2 sampai dengan kelas 5.

Bagi siswa yang tertarik mengikuti kegiatan tersebut, dipersilakan mendaftar secara online melalui aplikasi google form. “Siswa hanya boleh mendaftar pada satu bidang studi, dan alhamdulillah ada 150 siswa yang terdaftar,” tutur Jazuri, Ketua Panitia Seleksi Bina Prestasi 2022.

Nadzib selaku Kepala MIN Kota Semarang, menerangkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan Seleksi Bina Prestasi 2022 adalah untuk menjaring anak-anak yang berbakat dibidang akademik. “Kami coba lakukan penjaringan siswa-siswi berprestasi, dimana sesudahnya akan Kami ikutkan dalam pelatihan lanjutan sesuai dengan peminatannya atau bakatnya, apakah di bidang IPA, Matematika atau Bahasa Inggris, guna lebih mengasah kemampuan mereka dalam bidangnya masing-masing,” ungkap Nadzib. 

“Siswa-siswi yang dinyatakan lolos Seleksi Bina Prestasi akan dipersiapkan untuk mengikuti berbagai even perlombaan baik yang dilaksanakans ecara online maupun Offline, oleh karenanya mereka diwajibkan untuk mengikuti pelatihan pengerjaan soal-soal olimpiade melalui kegiatan ekstra kulikuler bina prestasi yang di selenggarakan oleh pihak madrasah 3 kali dalam seminggu yaitu setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu, dan pelatihan ini gratis, siswa tidak ditarik biaya sepeserpun,” jelas Nadzib.

“Selain itu, melalui kegiatan ini, Kami mencoba memperkenalkan kompetisi kepada anak-anak,” imbuh Nadzib.

Nadzib memantau langsung jalannya kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada tiga tempat yang berbeda yaitu di mushola, ruang kelas 3B dan ruang kelas 3C MIN Kota Semarang.

Pelaksanaan seleksi pada masing-masing bidang studi telah dibuat jadwal sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan kerumunan. “Seleksi Bina prestasi untuk Mapel Matematika, Kami jadwalkan dilaksanakan pukul 08.00- 09.00 WIB, dimana bagi peserta dari kelas 2 dan 3, bertempat di musholla., sedangkan untuk kelas 4 dan 5 bertempat di ruang kelas 3B. Untuk Seleksi Bina Prestasi Mapel IPA dilaksanakan pukul 09 .15- 10.15 WIB, diikuti oleh siswa  kelas 2 sampai kelas 5 dan bertempat di musholla. Sedangkan Seleksi Bina Prestasi Mapel Bahasa Inggris dilaksanakan pukul 09 .30 – 10.30 WIB, pesertanya hanya siswa kelas 2 dan 3, bertempat di ruang kelas 3C,” terang Jazuri.

Dalam pelaksanaan seleksi ini, peserta diwajibkan untuk membawa alas/meja lipat dan alat tulis sendiri. “Peserta dilarang membawa alat bantu apapun untuk mengerjakan soal seperti kalkulator dan HP,” tutur Jazuri.

Adapun pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada hari Senin, 7 Februari mendatang.

Pada kesempatan tersebut, salah satu peserta, Alban Juniar Putra mengikuti Seleksi Bina Prestasi Mapel IPA. Dia merasa bersyukur bahwa soal-soal yang dipelajarinya tadi malam cukup membantunya dalam menyelesesaikan pertanyaan-pertanyaan pada seleksi ini. Berbeda dengan Alban, Dinar  salah satu peserta seleksi mengungkapkan kekecewaannya karena merasa kurang maksimal dalam mengerjakan soal ujian. “Waktunya kurang, meskipun Saya sudah selesai mengerjakan semua soal, akan tetapi Saya tidak memiliki waktu tambahan untuk melakukan pengulangan/koreksi jawaban,” tutur Dinar.

Panitia Seleksi Binas Prestasi 2022 bersyukur kegiatan dapat berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah semua berjalan sesuai dengan rencana yang sudah Kami susun,” ungkap Jazuri disela-sela waktu istirahat pelaksanaan kegiatan Seleksi Bina Prestasi, yang disampaikannya sambil merapikan lembar jawab peserta.(fw/NBA/bd)