Upacara Bendera Kemenag Kab. Temanggung Dalam Rangka HAB Ke – 76 Tahun 2022

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melaksanakan upacara bendera peringatan ke-76 Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Tahun 2022, upacara bendera dilaksankan di halaman MAN Temanggung secara terbatas yang diikuti Kepala Kantor beserta Kasi / Penyelenggara, Kepala KUA, Guru MAN, Penyuluh Agama Fungsional dan karyawan-karyawati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Senin (3/1).

Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Tahun 2022 mengusung tema “Transformasi Layanan Umat.” Ini sejalan dengan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. Upaya untuk mempercepat layanan transformasi layanan umat harus dengan merubah sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan layanan dan meningkatkan sarana dan prasaranan guna mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan pada masyarakat.

Bupati Temanggung, H. Muhammad Al Hadziq  selaku pembina upacara menyampaikan amanat Menteri Agama Republik Indonesia dalam peringatan Hari Amal Bakti tahun ini.  Kementerian Agama telah membuktikan kemampuannya sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keberhasilan ini dibuktiikan dengan naiknya beberapa Indeks penilaian pada tahun 2021, yakni Indeks Kesalehan Umat Bergama 83,92, Indeks Kerukunan Umat Beragama 72,39 dan Indeks Kepuasan Layanan KUA 78,90.

Tidak hanya itu, Kementerian Agama juga Kembali meraih prestasi dalam tata kelola keuangan yakni meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020 di mana prestasi ini telah diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama,” ujar Menteri Agama dalam amanatnya. Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Tahun 2022 juga diserahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 10, 20, 30 tahun kepada 47 ASN Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dan juga penandatangan deklarasi pembanguna Zona Integritas.(sr/rf)