UPZ Kankemenag Kota Semarang Tasarufkan 100 Bantuan Pendidikan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang–Senin (31/1) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kota Semarang tasarufkan ZIS kepada siswa dan santri kurang/tidak mampu baik pada lembaga pendidikan agama dan keagamaan di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Pentasarufan tersebut dilaksanakan pada kegiatan apel pagi yang digelar di halaman Kankemenag Kota Semarang.
Penyerahan ini disaksikan oleh ASN dan non ASN, serta siswa dan mahasiswa yang sedang melaksanakan kerja praktek di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang selaku penasehat UPZ Kankemenag Kota Semarang, Kasubbag TU, Kasi dan Penyelenggara Kankemenag Kota Semarang, kepada 8 siswa dan santri penerima bantuan yang terdiri dari 6 siswa madrasah dan santri lembaga pendidikan keagamaan Islam (MI, MTs, MA, TPQ, Madin, Ponpes), serta 2 anak putra-putri karyawan Kankemenag Kota Semarang.
Pentasarufan ZIS tersebut dalam rangka peringatan HAB ke-76 Kemenag RI tingkat Kota Semarang, berupa pemberian bantuan pendidikan kepada 100 siswa dan santri kurang/ mampu.

“Kami telah lakukan pendataan terhadap siswa dan santri kurang/tidak mampu utamanya yang yatim/yatim piatu dari lembaga pendidikan agama dan keagamaan yang telah memiliki ijin operasional secara resmi dari Kankemenag Kota Semarang, melalui Seksi Dikmad dan PD. Pontren yang kami lakukan beberapa waktu lalu,” tutur Cholidah Hanum, Gara Zawa selaku Ketua UPZ Kankemenag Kota Semarang.

“Adapun penerima bantuan pendidikan terdiri dari 30 siswa MI, 20 siswa MTs, 20 siswa MA, 10 santri TPQ, 10 santri Madin dan 10 santri Ponpes,” terang Hanum.
“Oleh karena kuota yang terbatas maka pada tahap ini UPZ hanya tasarufkan 100 bantuan pendidikan. InsyaAllah pada tahap berikutnya, Kami akan tasarufkan lebih banyak lagi bantuan pendidikan bagi siswa madrasah dan santri lembaga pendidikan keagamaan Islam di Kota Semarang,” imbuh Hanum.

Dalam sambutannya Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang, berharap agar bantuan dari UPZ Kankemenag Kota Semarang bisa bermanfaat bagi penerima bantuan. “Semoga bantuan ini membawa keberkahan untuk Kita semua,” ucap Mukhlis.
“Kami tasarufkan bantuan ini melalui kegiatan apel pagi sebagai salah satu bentuk perwujudan transparansi dalam pengelolaan ZIS oleh UPZ Kankemenag Kota Semarang dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh pegawai Kankemenag Kota Semarang,” imbuh Mukhlis.

Pada kesempatan lain, Hanum menuturkan bahwa sesuai arahan Kepala Kankemenag Kota Semarang bantuan dari UPZ untuk bisa didistribusikan secara merata diseluruh kecamatan se Kota Semarang. Selain itu menurut penuturan Hanum, Kepala Kankemenag Kota Semarang juga berpesan agar pentasarufan bantuan UPZ diutamakan bagi mustahik di lingkungan Kemenag Kota Semarang.(Hanum/NBA/bd)