Optimalkan PenghimpunanZakat, Forum Zakat (FOZ) Jateng Gelar Pelatihan Fundraising Ramadhan

Semarang (Humas) – Forum Zakat (FOZ) Jawa Tengah menggelar kegiatan Pelatihan Sukses Fundraising Ramdhan Tahun 2022 dibuka oleh Sub Koordiator Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bidan PenaisZawa Kanwil Kemenag Prov. Jateng bertempat Aula Lt.3, Kemenag Jateng pada hari Selasa (24/2).

Kegiatan tersebut bertujuan sebagai bentuk upaya dalam megoptimalkan pengimpunan zakat. Fundraising Ramadhan merupakan kegiatan pengumpulan atau penggalangan dana dari para muzaki (pemberi zakat) yang nantinya akan diserahkan mustahiq (penerima zakat) dibulan Ramadhan tahun ini.

Dalam pelatihan  ini merupakan pembekalan dari FOZ kepada para fundraiser di setiap lembaga amil zakat yang bernaung di bawahnya dliatih dan diberi pembekalan agar dalam pengelolaan sedekah ,infaq berjalan dengan baik, amanah dan efektif.

Sobirin menyampaikan dalam pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh ada 7 (tujuh) kepastian yang harus diperhatikan, yaitu lembaga telah bersertifikat, Layanan Amil yang baik dalam segala aspek, Nisob dan Khal, transparasi, kemanfaatan bagi mustahiq, pelaporan, audit syariah maupun audit keuangan.

“Dalam sebuah lembaga tujuh kepastian harus diperhatikan, agar dapat di percaya oleh masyarakat. Lakukan layanan amil yang jujur, netral, objektif serta integritas. Berikan kemanfaatan untuk masyarakat,” katanya.

Terdiri dari 17 (TUjuh Belas) Lembaga Zakat yaitu Laznas BSMU Regional JatengDIY, Laziswap, Gerak Sedekah Cilacap, Global Zakat ACT, Laz DKD Magelang, Baitul Mal FKAM, Global Zakat ACT Foundation, Lazisma, UIN Walisongo Semarang, Laz Al Ihsan Jateng, DT Peduli, Inisiatif Zakat Indonesia, Dompet Sejuta Harapan, Lazisba, Lazis Nurul Hayat, Pena Yatim, Lazis Jateng. (d/rf)