DUTA KITA, Inovasi Pelayanan Publik KUA Kabupaten Magelang

Kota Mungkid – DUTA KITA (Dua Tanda Ikatan Cinta) menjadi program unggulan inovasi pelayanan publik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Melalui MOU (Memorandum Of Understanding) Kankemenag Kab. Magelang dan Dinas Duta Kita merupakan program kerjasama hasil Kankemenag Kab. Magelang dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kab. Magelang, masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang cepat dan efisien untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) setelah melakukan pernikahan.

Program DUTA KITA dibahas dalam Rakor Tim Entri Data KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan se-Kabupaten Magelang, Kamis, (17/02/2022) di Ruang OpRoom. Hadir dalam kegiatan rakor tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, H. Panut, S.Pd, MM dan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (BIMAS) Islam Kemenag Kabupaten Magelang, Drs. Ahmad Musa.

Kepala Kantor Kemenag kab. Magelang, Panut, berharap kesiapan, kesanggupan dan keseriusan Tim Entri Data KUA dalam menjalankan program DUTA KITA.

“Segala sesuatu yang terkait dengan program DUTA KITA disiapkan secara serius, baik itu persiapan dari segi personal tim entri data maupun dari segi fasilitas jaringan. Mengingat beberapa lokasi KUA masih terdapat jaringan yang kurang bagus sinyalnya, sarana yang kurang bisa segera dipenuhi dan mendapatkan solusi,” kata Panut.

Panut berharap program kerja sama tersebut bisa menjadi salah satu unggulan Kemenag Kabupaten Magelang dalam melayani masyarakat. Sebagai upaya dalam inovasi pelayanan publik yang bertujuan mewujudkan pelayanan yang mudah, praktis dan efisien dalam rangka mewujudkan WOG (Whole Of Government) yaitu sistem pengelolaan pemerintah yang terintegrasi, kolaboratif, dan koordinatif antar instansi pemerintah dalam pelayanan publik.

“Kerja sama ini menguntungkan masyarakat dan untuk Kemenag dapat menambah integritas dan dapat menjadi salah satu layanan unggulan,” lanjut Panut.(FS/Sua)