Gemilang, Tim Robotik MTs Negeri 1 Banjarnegara Sabet Penghargaan Kategori Excellent

Banjarnegara–Gelaran Jateng Robotic Competition (JRC) 2022 Tingkat MTs/SMP yang diselenggarakan oleh MAN 1 Kota Semarang dan didukung oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah serta memperebutkan Piala Kakanwil Kemenag Jateng mendapatkan arahan penuh dari Kabid Pendidikan Madrasah, Ahmad Saifulloh.

“Saya bangga dengan penyelenggaraan kompetisi robotik yang pertama di Jawa Tengah ini. Apalagi antusiasme peserta luar biasa, lebih dari 50 tim. Tentunya ini menjadi prestasi dari pihak penyelenggara,” ungkapnya.

MTs Negeri 1 Banjarnegara yang sedang terus menduniakan prestasinya tidak mau ketinggalan untuk  berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Didampingi pembina Ardian Apriliana, dua siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara dari kelas Riset yaitu Akza Agung Arifyansyah dan Muhammad Nibras Tsaqif mengikuti kegiatan Jateng Robotic Competition pada Sabtu, (12/2).

Bertempat di aula MAN 1 Kota Semarang, kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Mukhlis Abdillah menyampaikan bahwa slogan Madrasah Hebat Bermartabat dan Madrasah Mandiri Berprestasi membutuhkan wahana yang spesial, tidak hanya kegiatan belajar mengajar pada umumnya. Menurutnya kemajuan teknologi salah satunya adalah dunia robotik. Diera digital teknologi seperti saat ini, siswa seyogyanya sudah diperkenalkan teknologi sejak dini.

“Sedini mungkin anak diperkenalkan dengan teknologi, agar dapat mengembangkan robotik yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia,” tutur Mukhlis.

Dari 2 jenis kompetisi yang diselenggarakan yaitu Maze Solving dana Creative Robot, tim Robotik MTs Negeri 1 Banjarnegara mendapatkan penghargaan kategori Excellent untuk Kompetisi Maze Solving yaitu kompetisi pemrograman software robot.

Eko Widodo, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya pada tim robotik MTs Negeri 1 Banjarnegara yang telah berhasil menambah deretan prestasi yang diraih madrasah.

“Alhamdulillah, ini sebuah langkah awal yang bagus untuk kita di bidang robotik. NIibras dan Akza punya bakat dalam pemrograman software robotik,” ungkapnya bersemangat.

Partisipasi MTs Negeri 1 Banjarnegara dan prestasi yang diraih dalam bidang robotik ini semoga dapat menjadi pemantik bagi Madtsansa dalam mengoptimalkan perkembangan teknologi di bidang penguasaan IT umumnya dan bidang robotik pada khususnya. (lin/ak/rf)