Kasi Penmad Sosialisasi EMIS Di MIN 3 Kebumen

Kebumen – Sabtu, (19/02),  MIN 3 Kebumen menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sosialisasi Emis 4.0 untuk seluruh operator  (Education Management Information System) EMIS madrasah ibtidaiyyah se kecamatan Buluspesantren, Klirong, Petanahan, Puring dan Sruweng.

Kegiatan diikuti oleh 26 operator EMIS dihadiri langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Hj. Suwaibatul Aslamiyah.

Menurut Kasi Pendidikan Madrasah, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas operator EMIS dan mengkoordinasikan kendala -kendala dalam proses pendataan EMIS. Seperti hanya registrasi siswa madrasah, pengelompkan data EMIS, komponen data EMIS di madrasah, entitas data EMIS, mekanisme pendataan EMIS, pemanfaatan data EMIS dan lain-lain.

Lebih lanjut dijelaskan Hj. Suwaibatul Aslamiyah tentang pentingnya kevalidan data EMIS pada setiap jenjang satuan Pendidikan di bawah naungan kementerian agama. EMIS merupakan data dasar dalam menentukan kebijakan yang berkaitan dengan anggaran di Madrasah. Karena itu, operator memiliki peran yang vital dalam mengolah data EMIS. Dalam hal ini sangat dibutuhkan ketelitian, kesabaran dari operator untuk mengentry data EMIS.

“Operator EMIS merupakan jantungnya madrasah” ungkap Hj. Suwaibah.

Dengan antusiasme peserta mengikuti sosialisasi dan koordinasi  tersebut menunjukan adanya upaya besar untuk berkomitmen menyajikan data yang valid.

Kasi Penmad juga berpesan kepada Operator EMIS untuk tidak segan-segan berkoordinasi dan bertanya kepada operator Kabupaten saat ada kendala dalam pendataan.

 “Jangan sampai ada permasalahan dan kendala hanya diam dan tidak disampaikan ke operator kabupaten” pungkasnya. (mt/fz/bd).