Kemenag Kebumen Raih Penghargaan Instansi Vertikal Terbaik Partisipasi Pembayaran ZIZ di Kabupaten Kebumen.

Kebumen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mendapat pengaragaan sebagai instansi vertical terbaik kategori partisipasi pembayaran Zakat Infak dan Shodaqoh (ZIZ) terbesar di Kabupaten Kebumen tahun 2021 dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional).

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Kebumen H. Bambang Sucipto saat Rapat Koordinasi Dan Evaluasi BAZNAS Kabupaten Kebumen, Selasa (15/02) di ruang setda Kebumen. Hadir pada rapat ini wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati, jajaran forkompimda, kepala OPD dan sejumlah pimpinan instansi vertical, termasuk Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin.

Adapun penyerahan penghargaan diserahkan oleh wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati mewakili Bupati Kebumen dan diterima langsung oleh Kakankemenag H. Ibnu.

H. Bambang Sucipto ketua BAZNAS Kabupaten Kebumen mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dari BAZNAS kepada sejumlah instansi termasuk Kemenag dalam pengelolaan dan pembayaran ZIS melalui BAZNAS.

Kemenag Kebumen menjadi yang terbaik untuk instansi vertical kategori partisipasi pembayaran Zakat Infak dan Sodaqoh terbesar di Kebumen. “Terimakasih dan semoga Kemenag dapat menjadi uswah bagi instansi lainnya dalam pengelolaan ZIZ” ucap H. Bambang Sucipto yang juga pernah menjabat Kepala Kankemenag Kebumen.

Pada rapat tersebut H. Bambang juga menyampaikan laporan potensi zakat 2021 dan hasil zakat 2021 sebagai bahan evaluasi bersama.

Senada dengan H. Bambang, Wakil Bupati juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh jajaran OPD dan Kemenag atas partisipasinya membayarkan ZIS nya melalui BAZNAS. Wakil Bupati berharap kedepan potensi zakat di Kebumen terus bisa di gali dan dikembangkan untuk kemajuan umat.

Menerima penghargaan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, H. Ibnu Asaddudin menyatakan komitmennya dan kesiapannya mendukung penuh seluruh program BAZNAS. Intinya Kemenag suport penuh BAZNAS terkait program bupati untuk mewujudkan Kabupaten Kebumen semakin SEMARAK, sejahtera, mandiri, berakhlak bersama rakyat.

Guna meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS, H. Ibnu berharap kepada BAZNAS agar bisa melaporkan secara rutin perolehan dan pendistribusian ZIZ kepada masyarakat dan instansi terkait. Selain itu tentu dibutuhkan data yang valid terkait potensi ZIZ di Kabupaten Kebumen.

“Kami siap membantu penuh dan akan memperkuat Unit Pengumpul Zakat di lingkup Kemenag,” tandasnya.

H. Ibnu meyakini, jika potensi zakat betul – betul digali dan dikelola dengan baik Insya Allah kabupaten Kebumen segera bangkit dari kemiskinan dan semakin semarak.(fz/bd).