Kepala KUA Ambal Sampaikan Poin Penting Dalam Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kepala KUA Ambal, Akhmad Kheroni menyampaiakan poin- poin  penting dalam penyelenggarakan ibadah haji tahun 1443 H / 2022 saat mengisi kegiatan manasik haji sepanjang tahun calon haji tahun 2020 kecamatan Ambal, Sabtu (19/2/2022). Bertempat di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Ambal, kegiatan dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Acara berlangsung dengan hidmat dan diikuti oleh para calon jamaah dari wilayah kecamatan Ambal.

Kepada para calon jamaah Akhmad Kheroni menyampaiakan, sampai hari ini, kepastian ada atau tidaknya  penyelengaraan haji tahun ini, belum dapat diperoleh. Kepastian tentang ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 1443 H/2022 M sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah Arab Saudi.

“Hal ini sebagaimana disampaikan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas pada Rabu (16/02) melalui laman https://kemenag.go.id,” ujar Akhmad Khaeroni.

Karenanya dia mengimabau kepada calon jamaah untuk selalu waspada  dan tak termakan isu hoak, dan agar senantiasa berusaha mendapatkan informasi  apapun melalui saluran resmi pemerintah.

Di bagian lain dalam uraiannya Kheroni juga menyampaiakan skenario penyelenggaraan haji, disampaikannya,  mengingat  wabah covid 19 belum berakhir, yang ditandai dengan munculnya  varian baru Omicron. Maka pemerintah melakukan mitigasi penyelenggaraan haji tahun ini dengan tiga opsi, pertama kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak memberangkatkan jamaah haji.

Sementara itu, Camat Ambal menekankan pentingnya  calon jaaamah senantiasa memperhatikan regulasi  pemerintah terkait penyelenggaraan haji tahun ini. Ia juga meminta kepada calon jamaah yang hadir untuk  selalu menjaga kesehatan dengan melakukan vaksin sebagai upaya preventif di masa pandemi.(ar/fz/bd).