Kurikulum Kehidupan Pondok Pesantren

Kab. Pekalongan – Para santri IMBS Miftahul Ulum Pekajangan di didik dengan kurikulum kehidupan, di didik mengelola kehidupan dirinya sendiri dan orang lain. Inilah pendidikan mental, karakter dan kecakapan hidup. Inilah yang sering disebut dengan istilah Hidden Curriculum. Selasa, 8 Februari 2022.

Disampaikan oleh Sumarno, selaku Mudir, bahwa kurikulum yang dipahami di Pondok  Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan bukan sebatas menyangkut pelajaran dengan berbagai silabinya dan metodologi pengajaranya, akan tetapi, meliputi seluruh aspek kehidupan santri dan pondok pesantren selama 24 jam mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

“Bahkan, hidden curriculum ini lebih banyak diajarkan daripada sekedar kurikulum pelajaran yang hanya 8 hingga 9 jam sehari melalui ruang-ruang kelas,” ujarnya.

Lebih lanjut Sumarno menyampaikan, seluruh kehidupan di Pondok Pesantren IMBS Miftahul ulum Pekajangan  didasarkan pada nilai-nilai  Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dijiwai oleh seluruh guru dan santri dan didukung dengan  suasana yang Islami.

“Menciptakan suasana kehidupan Pondok pesantren yang harmonis antara kyai, guru dan santri yang taat, cinta dan penuh hormat. Jiwa ini menjadikan santri senantiasa siap berjuang di jalan Allah, di manapun dan kapanpun.” pungkasnya. (Smn/Ant/bd).