Robotik 2

Mempersiapkan Generasi Emas Dengan Robotik

Kota Mungkid – Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dengan pesat. Robotik merupakan salah satu bukti kemajuan teknologi yang banyak dikembangkan di negara-negara maju. Adanya teknologi robotik tentunya memberikan pengaruh yang besar pada aktivitas manusia. Dalam rangka  meningkatkan kemampuan peserta didik di bidang teknologi untuk menghadapi generasi emas,  Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Magelang yang terletak di jalan badrawati no.13 Borobudur menggelar Jateng Robotic Competition 2022 dengan peserta tingkat MI/SD dan  MTS/SMP Se-Jawa Tengah pada hari Sabtu, (05/02/2022).

Kontes robotik tingkat Jawa Tengah diikuti oleh 60 tim yang terdiri dari 43 tingkat MI/SD, 17 tingkat Mts/SMP dan 7 tim lokal, di hadiri oleh Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang Khoironi Hadi, Humas Kemenag dan Direktur Racer Robotik Jakarta.

Dalam sambutannya, Khoironi memberikan apresiasi kepada MTs Negeri 1 Magelang atas terselenggaranya kontes robotik. “Terima kasih kepada MTs Negeri 1 Magelang yang telah menyelenggarakan acara yang sangat bermanfaat dan kompetitif ini, menghadirkan pakar yang mengajarkan ilmu dan teknologi, smoga mendapat ridho dan banyak berkah ilmu didalamnya,” ungkap Khoironi.

Menurut beliau, ilmu teknologi terapan sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari mengingat kehidupan saat ini masuk pada era digital. “Anak-anak akan dibimbing, diajari sehingga akan menjadi penemu-penemu yang hebat, kemudian akan dilombakan,” paparnya.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan untuk mempersiapkan generasi emas 2045, calon pemimpin masa depan. Melatih anak-anak untuk berinovasi dalam bidang teknologi” kata Khoironi. Beliau berharap anak-anak yang menjadi peserta dalam lomba ini memiliki kemampuan mengembangkan teknologi. Sehingga bisa membangun dan membawa Indonesia menjadi negara maju.

“Ikuti workshop dan lomba ini, tulis dan bertanyalah serta kembangkan potensi, ikuti setiap lomba sehingga potensi semakin terasah, harapannya seluruh pendidikan bisa maju dan menjadi pelopor,” tuturnya menutup sambutan pembukaan Jateng Robotic Competition.

Dalam agenda pembukaan kegiatan tersebut disambut dengan Musik Traditional dan dipersembahkan tarian khas nusantara yang merupakan hasil karya MTsN 1 Magelang. Setiap tahun MTsN 1 Magelang senantiasa harus mempersembahkan kesenian untuk event di taman wisata candi Borobudur.

Pembukaan Jateng Robotic Competition ditandai dengan membunyikan gong oleh Khoironi Hadi mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang.(FS/Sua)