MTs. Negeri 6 Kebumen Gelar Sosialisasi HIV AIDS dan NAPZA

Kebumen- Sebanyak 120 peserta didik kelas VIII MTs Negeri 6 Kebumen mengikuti sosialisasi HIV (Human Immunodeficiency Virus) AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan  Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA) dari Dinas Kesehatan Kebumen dan Puskesmas Karanganyar. Sosialisasi dilaksanakan di aula MTs Negeri 6 Kebumen. pada Kamis,(17/02).

Selain kegiatan sosialisasi, pada kesempatan ini juga diadakan skrining ASSIST (Alkohol, Smoking and Substance Involvement Screening Test kepada para peserta didik.

Kepala Puskesmas Karanganyar, Dr. H. Agus Sapariyanto, M.Sc. menyampaikan pentingnya kegiatan sosialisasi HIV AIDS dan NAPZA bagi pelajar. Saat ini narkoba sudah menyebar di kalangan pelajar. Tidak hanya itu, pelajar yang seharusnya belajar di sekolah terkadang ada yang malah ikut punk.

Dijelaskan Agus Suprayiyno, hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan pasien  HIV dan hampir semua pasien HIV meninggal dalam waktu lima tahun jika terlambat diobati.

Adapun narasumber lainnya, dr. Diana dari Dinas Kesehatan mengingatkan kepada peserta didik agar menjauhi rokok sedini mungkin. Menyampaikan tentang jenis-jenis narkoba, zat berbahaya dalam narkoba, serta risiko dan bahaya penyalahgunaan narkoba. “Rokok merupakan pintu gerbang menuju narkoba,” katanya.

Peserta didik tampak antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan peserta didik MTs Negeri 6 Kebumen semakin terbuka wawasannya terhadap bahaya narkoba dan HIV AIDS.(ww/fz/bd).