Open House dan Try Out SNPDB Virtual

Kab. Pekalongan – Pada Minggu (13/2/2022), sepuluh siswa kelas IX MTsN 2 Pekalongan mengikuti kegiatan Open House dan Try Out SNPDB yang diselenggarakan oleh MAN IC Kota Pekalongan secara virtual. Meski libur, mereka tampak bersemangat berangkat ke madrasah.

Tak ada keluh kesah terdengar dan tak ada lelah terpancar pada raut wajah mereka. Dengan dibimbing oleh Waka Kesiswaan dan beberapa orang guru, mereka mengikuti seluruh rangkaian acara dengan baik dan penuh antusias. Kesepuluh siswa itu antara lain: Amelia Novita, Isabell Wulan Mulia, Ayu Sofiyana, Mufidatus Salwa, Rani Lusiana, Azza Fauziah, Safa Olivia, Tia Felania, Zahra Nur Lisa, dan Siska Fauzia.

Acara dimulai pukul 07.30 hingga 17.00 WIB. Kegiatan yang dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting ini diikuti oleh Amelia dkk di ruang kelas 7A MTsN 2 Pekalongan. Hal ini dimaksudkan agar para calon peserta SNPDB MAN IC tersebut tidak mengalami kendala baik jaringan maupun kuota karena  fasilitas sudah disiapkan dengan baik dan lengkap oleh tim IT madrasah.

“Sebelum mereka menggunakan platform Zoom Meeting, tim IT sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Sehingga mereka dapat mengikuti acara dari awal hingga akhir tanpa kendala sedikitpun. Mereka tinggal menyimak dengan baik melalui layar LCD. Untuk tim IT yang mendampingi, ada Pak Singgih, Pak Heri dan Pak Andri,” jelas Matyuri selaku Waka Kesiswaan.

“Open House virtual ini meliputi beberapa mata acara, yakni Knowing IC, ICP E-Traverse, Games, Sharing Session, Try Out hingga pembahasan soal.” lanjutnya.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun oleh tim redaksi, Open House ini merupakan agenda dari Kesiswaan MAN IC Kota Pekalongan yang dilaksanakan oleh OSIS. Kemasan acara ini begitu menarik dengan disajikannya video tentang MAN IC.

Berbagai animasi, bahkan sesi permainan yang sangat menyegarkan bagi semua peserta. Selain itu, adanya sesi diskusi menambah semarak suasana karena menjadi sarana komunikasi, penggalian informasi dan penambah motivasi bagi seluruh calon siswa MAN IC.

Pada sesi Try Out, Amelia dkk mengerjakan dengan baik soal-soal yang disajikan meliputi tes akademik, tes kemampuan dasar, hingga tes kepribadian. Setelah itu, panitia tak lupa untuk memberikan pembahasan soal agar wawasan dan pengetahuan para peserta semakin bertambah, semakin terbuka dan semakin mantap untuk menjatuhkan pilihannya kepada MAN IC.

Salah satu calon peserta SNPDB dari MTsN 2 Pekalongan, Amelia Novita mendapatkan skor 1632,18.

“Alhamdulillah, saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan open house MAN IC ini. Melalui penjelasan tadi, saya dan kawan-kawan jadi terbuka wawasannya mengenai apa dan bagaimana MAN IC itu, apa saja keunggulannya, apa kegiatan yang ada di sana, serta berkesempatan mengikuti try out. Saya berharap, saya bisa menjadi siswa di sana.” ungkap Amelia bersemangat.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti menyampaikan kebanggaannya atas semangat yang dimiliki dan ditunjukkan oleh para calon peserta SNPDB MAN IC itu. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada tim sukses SNPDB yang telah mendampingi dan memfasiliasi sehingga Amelia dkk bisa mengikuti kegiatan dengan lancar. “Untuk anak-anakku calon peserta SNPDB MAN IC tahun 2022, saya berpesan, persiapkan diri kalian baik-baik, belajarlah dengan serius, berdoalah dengan penuh harap. Sehingga pada saat tes seleksi nanti, berjalan dengan lancar, serta membawa hasil sesuai yang diharapkan. Semoga di tahun ini, siswa MTsN 2 Pekalongan akan berhasil masuk menjadi bagian dari MAN IC.” tuturnya optimis. (Why/Ant/bd).