Pencapaian Vaksinasi Tinggi, Kabupaten Semarang Dapat Apresiasi dari Presiden Jokowi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran – Pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Semarang yang mencapai 98,02 persen mendapat pujian dari Presiden RI Joko Widodo saat melakukan dialog secara virtual dengan Bupati Semarang lewat video conference di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Kamis, (17/2) siang. Konferensi video peninjauan vaksinasi Covid-19 di 12 Provinsi oleh presiden Jokowi tersebut, dilakukan dari Istana Bogor.

“Saya sangat mengapresiasi pencapaian vaksinasi di Kabupaten Semarang. Dosis satu sudah di atas 90 persen, dosis dua di atas 80 persen serta untuk lansia dan anak-anak juga cukup baik,” kata Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menghimbau kepada para kepala daerah dan komandan satuan untuk terus mensosialisasikan pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan, termasuk saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Gunakan masker dan percepat vaksinasi untuk menekan laju penyebaran varian omicron. Vaksinasi dosis ketiga atau booster juga harus terus dilaksanakan, sebab stok vaksin masih sangat melimpah,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Semarang, Ngesti Nugraha dalam laporannya menyampaikan bahwa hingga saat ini, stok vaksin di Kabupaten Semarang masih ada 48 ribu dosis berbagai jenis. Jumlah yang cukup banyak dan memadai untuk mensukseskan program vaksinasi massal di wilayah Bumi Serasi.

“Kami menyiapkan tiga tim vaksinator di tiap Puskesmas untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19. Komunikasi intensif dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah juga terus kami lakukan untuk menjamin ketersediaan vaksin,” jelas Ngesti Nugraha.

Secara rinci, total vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Semarang tercatat, dosis 1 mencapai 98,02 persen (814.358 orang), dosis 2 sebanyak 670.459 orang (80,70 persen) dan vaksinasi booster sebanyak 39.700 atau 4,78 persen.

Sedangkan untuk lansia, tercatat vaksinasi dosis 1 ada 86.456 orang (83,24 persen), dosis 2 mencapai 72.626 orang (69,92 presen) dan vaksinasi booster 9.787 orang.

Turut hadir menyaksikan kegiatan vaksinasi massal bagi siswa Sekolah Dasar dan siswa Madrasah Ibtidaiyah di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab. Semarang, Mohamad Solichin didampingi staf Pendidikan Madrasah, Achdam dan Sri Handayani.

Adapun siswa MI yang turut dalam kegiatan tersebut sejumlah 622 siswa, terdiri dari 422 siswa MI Keji Ungaran Barat dan 200 siswa MI Kalirejo Ungaran Timur. (shl/Sua)