Santri Al-Anwar Asah Kemampuan Bahasa Arab melalui Drama

Rembang – Drama berbahasa Arab menjadi ciri khas Pondok Pesantren Al-Anwar yang sering ditampilkan dalam banyak kegiatan. Di antaranya adalah drama Bahasa Arab yang ditampilkan dalam peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw pada Selasa (22/2/2022) di lingkungan Ponpes Al-Anwar 3, Kecamatan Sarang, Rembang.

Beberapa santri yang tergabung dalam kelompom Nadwah Aroobiyyah tampak piawai berdialog dengan Bahasa Arab dalam drama yang bertemakan sholat. Satu perintah Allah yang dihasilkan dari perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad.

“Drama ini mengisahkan ada sekelompok preman yang bertaubat lantaran mendapatkan hidayah lewat kajian sholat bersama seorang kyai. Preman-preman itu kemudian merasakan akan ketenangan hati dalam khusyuknya sholat. Akhirnya mereka pun luluh terketuk hatinya dan menjadi seorang muslim yang taat,” kata pengurus Ponpes Al-Anwar 3, Mahfud sulqi ketika diwawancara Sabtu (26/2/2022).

Acara yang berlangsung di musala PP Al Anwar ini berlangsung meriah. Selain mengeksplorasi kemampuan dan kepiawaiannya dalam berbahasa Arab, drama juga menjadi hiburan tesendiri bagi para santri. “Drama ini menjadi ajang melatih kemampuan Bahasa Arab kami dan menuangkan bakat seni dalam sebuah drama. Selain itu juga menjadi hiburan para santri,” imbuhnya.

Acara yang bertempat di musala ini berlangsung dengan rangkaian pembacaan maulid Dziba’ dan salawat bersama oleh grup hadrah Syifa’ul Qulub.

Sementara Pengasuh PP Al-Anwar 3, KH. Abdul Ghofur memberikan sambutan tentang peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad saw. Adapun Mauidhoh hasanah disampaikan oleh oleh K. Aminoto Sa’doellah. —kontributor/iq/rf