Gugus Pramuka MIN 1 Kebumen Juara 2 Pesta Siaga

Kebumen – Ajang Pesta Siaga Kwartir Ranting Kebumen 2022 menjadi ajang pembuktian siswa madrasah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah dasar unggulan di Kota Kebumen. Barung  Putra dan Barung putri MIN 1 Kebumen mampu tampil apik dalam gelaran pramuka tingkat siaga dengan mengantongi juara 2 dan harapan 2.

Pesta Siaga berlangsung Sabtu, (05/03)di lapangan SMKN 2 Kebumen dibuka oleh Ka Mabiran Suis Idawati, Camat Kebumen. Dari 32 barung yang ikut berpartisipasi, barung putra dan barung putri MIN 1 Kebumen menjadi satu-satunya juara dari madrasah.

Hj. Widyastuti, Kepala MIN 1 Kebumen sangat bangga dengan pencapaian ini. Ia mengapresiasi kedisiplinan anak-anaknya dalam berlatih sehingga menuai keberhasilan menjadi juara tingkat ranting yang persaingannya sangat ketat.

Ia menambahkan, mengikuti Pesta Siaga memerlukan persiapan yang matang, terutama untuk peserta yang tergolong belia, kelas 3 dan 4.  Apalagi mereka baru mulai masuk pembelajaran tatap muka (PTM) setelah hampir dua tahun belajar secara daring.

Widyastuti juga mengapresiasi kegigihan dan semangat yanda dan bunda pembina pramuka siaga dalam membimbing dan melatih anak-anak hingga sukses hari ini. “Terima kasih untuk para pendamping kontingen Yanda Dwi Indra Kusuma, Bunda Siti Munawaroh, Bunda  Kharisoh, dan Bunda  Siti Taslimatun atas semangat dan perjuangannya dalam melatih kontingen MIN 1 Kebumen” demikian ucap Widyastuti.

Sementara itu Siti Munawaroh menyampaikan, selisih poin barung putra yang ia dampingi dengan juara 1 tergiat dari SDN 1 Kebumen sangat tipis. “Kami hanya terpaut 8 poin saja” katanya. 

“Kami selaku pendamping Pramuka Gudep 157/158 menyampaikan rasa bangga, haru, dan bahagia atas prestasi peserta didik MIN 1 Kebumen yang tergabung dalam barung merah (putra) dan barung hijau (putri) atas perjuangan yang luar biasa”, kata  Siti Taslimatun, salah seorang pembina lain. “Semoga perjuangan ini menjadi motivasi agar menjadi lebih baik lagi di pesta siaga mendatang.” demikian harapannya.

Peserta Pesta Siaga adalah Pramuka Siaga yang berusia antara 7-10 tahun, masing-masing gugus mengirimkan dua barung yakni barung merah (putra) dan hijau (putri) masing masing barung beranggotakan 8 anak. Pada Perta Siaga Kwartir Ranting Kecamatan Kebumen 2022, tema yang diangkat adalah Sehat, Cerdas, Tanggap, Ceria. Dengan Motto Satyaku Kuudarmakan Darmaku Kubaktikan.(dw/fz/bd).