Hari Pertama Ujian Madrasah di MAN 2 Rembang Terpantau Lancar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang — Hari Pertama pelaksanaan Ujian Madrasah di MAN 2 Rembang Terpantau Lancar. MAN 2 Rembang menyelenggarakan Ujian Madrasah (UM) pada 21 – 30 Maret 2021. UM ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII dari jurusan MIPA, IPS, dan Agama dengan jumlah 439 siswa. Para peserta didik tampak serius menghadapi ujian terakhir yang mereka jalani selama pembelajaran di madrasah.

Ujian Madrasah dilaksanakan untuk mengukur tingkat capaian kompetensi peserta didik yang sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada akhir jenjang pendidikan. Selain itu UM juga sebagai salah satu syarat untuk menentukan kelulusan peserta didik. Dalam hal ini pihak madrasah punya wewenang penuh.

Pada hari pertama pelaksanaan UM Senin (21/3/2022) terpantau lancar dan aman. Para peserta didik tampak mengerjakan soal ujian PPKn dan Al-Qur’an Hadist. Sistem ujian berbasis daring dengan menggunakan gawai masing-masing. Untuk peserta didik yang tidak membawa gawai, mengerjakan UM di laboratorium komputer madrasah.

Soal-soal yang diujikan dalam Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan baik mata pelajaran wajib, peminatan, maupun muatan lokal. Untuk komposisi materi dari kelas X 20%, kelas XI 30%, dan kelas XII 50%. Satu hari ada dua mata pelajaran yang diujikan.

Soal dibuat oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran dan disepakati pengerjaan soal lewat googleform. Untuk mata pelajaran Matematika (Wajib dan Peminatan), Fisika, Kimia, dan Ekonomi berjumlah 40 soal. Selain mata pelajaran tersebut sejumlah 50 soal.

Wahyu Firmansyah, salah satu peserta UM mengatakan telah mempersiapkan diri menghadapi UM ini dengan mempelajari materi-materi dari kelas X. “Untuk hari pertama ini alhamdulillah saya cukup puas dengan jawaban saya. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi,” ujar Wahyu.

Sebelum pelaksaan Ujian Madrasah, para peserta didik pada jenjang akhir ini telah menempuh Penilaian Akhir Tahun (PAT) serta Ujian Praktik. Pada tanggal 18 Maret sebelumnya juga telah diselenggarakan do’a bersama untuk kelancaran UM. Untuk kriteria kelulusan diambil dari nilai rata-rata raport semester 1-5 dan nilai ujian (Ujian Tulis dan Praktik). – huda/iq/rf