Jelang Pendaftaran PPDB, MTs Negeri 2 Rembang Gelar Sosialisasi

Rembang – Menjelang tahun ajaran baru 2022/2023, MTs Negeri 2 Rembang melakukan sosialisasi PPDB di beberapa SD dan MI. Sosialisasi ini diadakan pada Kamis (24/3/2022).

PPDB yang akan dibuka bulan April yang akan datang. Namun menurut Sehono selaku Ketua Panitia PPDB MTs Negeri 2 Rembang, pihaknya lebih awal memulai sosialisasi. Salah satu pertimbangannya, April sudah memasuki bulan Ramadhan.

Penerimaan peserta didik baru ini merupakan proses tahunan untuk menjaring siswa SD/MI yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya.

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis, melalui tim sosialisasi menekankan untuk menyampaikan beberapa unggulan yang dimiliki madrasah diantaranya marching kesenian band, hadroh, pidato tiga bahasa, Karya Ilmiah Remaja, life skill, literasi, penanaman akhlak dan budi pekerti melalui shalat berjamaah, tahfidz dan lain sebagainya.

Yunus Anis mengatakan, karena posisi madrasah yang letaknya diapit oleh beberapa sekolah setingkat lainnya, maka harus mampu bersaing secara kualitas. “Sehingga tingkat kepercayaan masyarakat pada madrasah akan meningkat dan kuantitas peserta didik diharapkan juga dapat meningkat,” katanya.

Sementara itu, Mudjahidin selaku Wakamad Bidang Humas menjelaskan, melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa memberi gambaran kepada siswa calon peserta didik mengenai alur dan persyaratan pendaftaran di MTsN 2 Rembang.

Menurut Mudjahidin, selain melakukan sosialisasi tatap muka langsung, MTs Negeri 2 Rembang juga membuka pendaftaran PPDB secara online. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang wilayahnya tidak terjangkau.

“Banyak juga siswa MTs Negeri 2 Rembang yang datang dari luar daerah, termasuk juga luar provinsi. Rata-rata mereka juga belajar di pondok pesantren. Dengan menyediakan jalur online mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke MTs Negeri 2 Rembang, selain mendapatkan informasi juga dapat melakukan pendaftaran, ” ujarnya. (Wient/iq/rf)