Kakankemenag Dukung Dan Apresiasi Program Sibusah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dukung program Bupati H. Arif Sugiyanto, Santri Kebumen Sehat dan Berkah (Sibusah) dan gerakan vaksinasi kalangan pondok pesantren, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin didampingi Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Makruf Widodo hadiri kegiatan Sosio Medis di Pondok pesantren Nurul Ihsan desa Muktisari Kecamatan Kebumen, Kamis (24/03). Selain Kakankemenag dan Kasi PD dan Pontren, hadir sejumlah pejabat terkait diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Dwi Budi Satrio, Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen dr Widodo Prihantoro, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj Y Rini Kristiani, dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Ihsan KH Muhammad Anwari.

Pada kesempatan tersebut, H. Ibnu Asaddudin mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto atas perhatiannya kepada para santri di Kabupaten Kebumen melalui program Sibusah. Dia menyambut dengan baik dan sangat mengapresiasi kegiatan Sosio Medis sebagai implementasi program tersebut yang difasilitasi penuh oleh pemerintah daerah melalui Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soedirman Kebumen.

Munurutnya program Santri Kebumen Sehat dan Berkah (Sibusah) merupakan hal yang sangat baik untuk perkembangan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kebumen utamanya kalangan pesantren. Terbukti pada pelaksanaan Sosio Medis kali ini masyarakat cukup antusias.

“Ini tentu sangat baik dalam upaya meningkatkan taraf kesehatan masyarakat pesantren di Kebumen,” ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Dwi Budi Satrio di sela sela kegiatan, da menuturkan, sosiomedis ini merupakan hal yang sangat baik untuk perkembangan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kebumen, yang telah membuka akses kesehatan. Dan harapannya program Sibusah dan Kebumen sehat bisa segera tercapai.

Turut menegaskan, Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen dr Widodo Prihantoro menjelaskan bahwa kegiatan Sosio Medis ini merupakan komitmen dan dukungan RSUD dr. Soedirman Kebumen dalam mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Kebumen Tahun 2021-2026 yaitu “KEBUMEN SEMARAK” Sejahtera Mandiri Berahlak Bersama Rakyat khususnya pada misi yang ke-2 yaitu Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat.

Adapun jenis-jenis kegiatan Sosio Medis yang diselenggarakan kali ini meliputi :1. pengobatan massal dengan sasaran santri, pengasuh pondok dan masyarakat sekitar, 2. sunatan massal, 3. pemriksaan laboratorium sederhana (kolesterol, asam urat dan gula darah) 4. cek/screening kesehatan mata, 5. vaksinasi covid 19 pertama, kedua atau ketiga ( boster ), dan 6. pelayanan keluarga berencana.

Mendukung kegiatan ini dan menyemangati gerakan vaksinasi dikalangan para santri, Kasi PD dan Pontren Kemenag Kebumen H. Makruf Widodo ikuti vaksinasi dosis 3 di gerai vaksin Sosio Medis.(fz/bd).