Kelas Religius Sports, Kelas Unggulan Baru MTs Negeri 3 Banjarnegara

Banjarnegara – Melihat kesuksesan kelas Full Day School (FDS) yang sudah berjalan tiga tahun, MTs Negeri 3 Banjarnegara akan membuka kelas baru yakni kelas Religius Sports (RS). Kelas RS memiliki visi pengembangan kelas olahraga berbasis keagamaan, jadi tidak hanya mencetak para atlet di bidang olahraga tetapi juga memiliki wawasan keagamaan. Kelas RS disetujui menjadi program kelas khusus pada tahun pelajaran 2022/2023 oleh kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara pada saat rapat perencanaan program RS, Selasa (29/03).

Natir selaku kepala madrasah menyampaikan, kelas RS merupakan sarana madrasah memfasilitasi para peserta didik yang memiliki kemampuan di bidang olahraga.

“Kelas RS merupakan sarana madrasah memfasilitasi para peserta didik yang memiliki bakat, minat, dan prestasi di bidang olahraga agar tetap terus mengembangkan bakatnya, karena kami melihat terkadang ada peserta didik yang berkompeten di bidang olahraga tapi sekolah terkadang  tidak peduli dan tidak memfasilitasi untuk peserta didik tersebut mengembangkan bakatnya,” ucapnya.

Teguh Pujiwasono selaku ketua koordinator kelas RS menyampaikan, latar belakang dan tujuan dibukanya kelas RS. Program kelas khusus RS diadakan atas dasar keinginan dan permintaan dari masyarakat mengingat wilayah Kecamatan Rakit dan sekitarnya terdapat banyak anak yang berbakat dan berhasil mengukir prestasi di bidang olah raga, baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional

“Tujuan dibukanya kelas RS yang pertama untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik yang mempunyai bakat, kemampuan, dan prestasi di bidang olah raga dengan pola pendidikan pembinaan secara khusus agar dapat meneruskan bakat, kemampuan, dan prestasi ketika di  SD/MI, kedua memberikan wadah dan menjembatani peserta didik untuk mengikuti berbagai macam ajang kompetisi baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional, ketiga menyediakan fasilitas pendidikan yang memenuhi  standar,” pungkasnya.(ar/ak/rf).