Khotmil Qur’an MAN 2 Rembang, Ada yang Capai 19 Juz

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang — Suasana ceria tampak menyelimuti raut muka 15 siswa siswi MAN 2 Rembang. Masing-masing telah berkalungkan samir dan membawa sebuah map. Mereka merupakan peserta wisuda atau khotmil qur’an MAN 2 Rembang sebagai tanda selesainya program tahfidz yang dijalani selama tiga tahun.

Sebelum prosesi wisuda, mereka telah melalui uji kompetensi untuk mengetahui tingkat kemampuan hafalan yang mereka punya. Ini sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab bersama antara madrasah, pengasuh program tahfidz dengan orangtua.

Setiap siswa secara bergiliran menjalani uji kompetensi ini. Mereka berada di panggung dengan didampingi orangtua masing-masing. Setiap peserta ujian menghadapai dua orang dewan penguji yang memberikan ujian dengan membacakan sebuah ayat dan siswa diminta untuk melanjutkan.

Muslihul Afif, salah satu penguji mengatakan, materi yang diujikan adalah hafalan yang sudah didapat selama pembelajaran. “Penguji akan menguji tiap juz yang didapat, minimal satu pertanyaan untuk setiap juz-nya. Karena terkait dengan nilai di dalam raport adalah per juz,” ujar Afif saat dimintai keterangan pada Rabu (16/3/2022).

Proses pelaksanaan uji kompetensi diawali penguji membacakan awal ayat kemudian peserta didik melanjutkan hingga 3-4 ayat sampai selesai. Jika peserta didik melakukan kesalahan dalam meneruskan ayat, penguji akan membantu membenarkan dengan menyebutkan 1-2 lafadz.

“Untuk kriteria penilaian yaitu kelancaran dan tajwid, dengan KKM 70. Apabila terdapat nilai di bawah KKM akan ditindaklanjuti dengan Remidi,” imbuh Afif.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada peserta ujian terbaik dan peserta dengan jumlah hafalan terbanyak. Peserta terbaik dalam uji kompetensi ini diraih oleh Azaa Nurush Shobah serta yang memperoleh hafalan terbanyak ialah Atania Elma dengan 19 juz. Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi foto bersama.

Peserta uji kompetensi merupakan siswa kelas XII MIPA 1 sejumlah 29 siswa. Mereka terbagi dalam dua sesi yaitu pada hari Rabu dan Kamis. Untuk jumlah juz yang telah dihafalkan masing-masing bervariasi dengan yang terbanyak adalah 19 juz. Allahummarhamna bil qur’an.huda/iq/rf