MGMP KKM MTsN 6 Kebumen Bentuk Pengurus dan Program Tahunan

Kebumen-Selasa (01/03), KKM MTsN 6 Kebumen mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mata pelajaran umum. Masing-masing madrasah yang ada di KKM MTsN 6 Kebumen mendelegasikan satu orang guru untuk mengikuti kegiatan tersebut di aula MTsN 6 Kebumen.

Mohamad Makhi, kepala MTsN 6 Kebumen menyampaikan “Kegiatan MGMP ini sudah ada payung hukumnya yaitu mengacu pada PMA nomor 60 tahu  2015 tentang pembentukan KKG dan MGMP di madrasah.

“Jadi, MGMP ini tidak sekadar kegiatan untuk menyusun soal. Masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan antara lain: menyusun silabus, program semester, dan rencana program pembelajaran, analisis kurikulum, menyusun bahan ajar, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya yang dapat meningkatkan kompetensi guru,”ungkapnya.

Sigit Haryono (waka kurikulum) memandu kegiatan MGMP ini hingga acara usai. Pembentukan pengurus dan program tahunan menjadi agenda utama dalam kegiatan MGMP ini. Tampak para guru berkelompok sesuai mapelnya untuk membentuk pengurus dan merancang program tahunan.

Setelah pengurus inti pada masing-masing kelompok mapel terbentuk dilanjutkan dengan menyusun program tahunan seperti menyusun perangkat pembelajaran, menyusun soal PTS dan PAS/PAT gasal dan genap, serta mengadakan berbagai pelatihan sesuai kebutuhan masing-masing guru mapel.

Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan MGMP ini. Antusiasme peserta tak lepas dari kepedulian KKM MTsN 6 Kebumen yang selalu memberikan ruang untuk menyalurkan aspirasi para guru. (ww/fz/bd).