MI Futuhiyyah Palebon Gunakan Teknologi Untuk Lakukan Evaluasi Pembelajaran

Semarang, Di zaman abad 21 ini masyarakat sudah tidak lagi buta akan teknologi, karena dalam kehidupan sehari-hari teknologi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terlebih di dunia pendidikan yang membutuhkan informasi luas, oleh karenanya dunia pendidikan utamanya madrasah dituntut untuk menguasi teknologi.

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Futuhiyyah Palebon, mengajarkan kepada siswa-siswinya bagaimana menggunakan teknologi, sebagaimana yang dilakukan oleh Ahmad Kholid Marzuqi salah seorang guru pada madrasah tersebut.

Ia berusaha mengenalkan teknologi kepada anak didiknya mulai dari hal yang sederhana, diantaranya uji coba penggunaan Computer Based Test (CBT) dalam  melakukan penilaian evaluasi hasil belajar mengajar.

“Jika dahulu masyarakat boleh mengatakan bahwa siswa madrasah buta akan teknologi, namun di zaman sekarang, ucapan itu sudah tidak pas lagi, karena sekarang ini siswa-siswi madrasah sudah melek teknologi bahkan mampu menguasai teknologi tersebut, sebagai contoh jika dulu dalam proses evaluasi pembelajaran dilakukan secara manual, sekarang madrasah pun telah menggunakan CBT sebagai sistem penilaian,” tuturnya.

Menambahkan apa yang telah disampaikan Kholid, Tias guru kelas 4 MI Futuhiyyah Palebon, juga mengatakan bahwa teknologi memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar.

“Penilaian evaluasi belajar dengan sistem CBT memberikan kemudahan bagi guru dan siswa. Disamping mudah CBT juga objektif dan menyenangkan, bahkan setelah selesai mengerjakan evaluasi belajar dengan sistem CBT, siswa bisa langsung  mengetahui berapa hasil nilai yang didapat oleh siswa tersebut,” ujar Tias saat mendampingi siswa-siswinya dalam mengikuti uji coba Evaluasi Pembelajaran dengan sistem CBT di ruang komputer, Jumat (25/3/2022).

Sementara itu Slamet Agus Wahid selaku Kepala Madrasah yang ikut memantau uji coba pelaksanaan penilaian evaluasi belajar dengan CBT sempat menanyakan kepada salah satu siswa tentang bagaimana pendapatnya mengerjakan soal dengan komputer (CBT).

Menanggapi apa yang ditanyakan oleh Kepala Madrasah, siswa MI Futuhiyyah menyampaikan rasa senangnya akan kemudahan dalam penggunaan CBT sebagai sistem penilaian evaluasi pembelajaran.

“Saya sangat senang mengerjakan soal dengan komputer ini, karena ternyata mudah, tinggal login dengan memasukkan username dan password yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru, soal langsung bisa dikerjakan,” ucap Ghazi salah satu siswa kelas 4 yang ikut dalam uji coba evaluasi belajar dengan sistem CBT tersebut. (SAW/NBA/bd)