MIN 1 Kebumen Borong Piala AKSIOMA Tingkat Kabupeten Kebumen Tahun 2022

Kebumen  – Penyelenggaraan  AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah) Kabupaten Kebumen tahun 2022, memunculkan bakat seni dan olahraga siswa MIN 1 Kebumen yang terpendam pandemi. Bertempat di MIN 4 Kebumen, Rabu (9/3), AKSIOMA mempertemukan sembilan KKM Se-Kabupaten Kebumen (Ambon, Alipoku, Bulusklirong, Kebumen, Segoro, Saka Ayam Jago, SPP, Ayah, Buku). 

Dari hasil pertandingan, 13 siswa MIN 1 yang dikirim, 10 diantaranya mendulang piala kejuaraan. Empat (4) emas, empat (4)  perak dan 2 perunggu menjadi pencapaian yang dinantikan para siswa dan pendamping. Hj. Widyastuti, M.Pd, Kepala MIN 1 Kebumen mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian yang diperoleh. “Di tengah persaingan yang sangat ketat, masih bisa eksis” demikian ia sampaikan.

Ia mengamati, semua kontingen telah siap dengan atlet yang handal. Atas hal tersebut, Ia  berkomitmen harus melaksanakan pembimbingan secara intensif dan rutin dari kelas satu, “Tidak lagi model karbitan/sulapan”, tandasnya.

Medali Emas MIN 1 Kebumen diperoleh dari cabang lari putra (Fajrian Hafidz Mauludin), ceramah Bahasa Jawa putra (Mumtaz Mughni Ali), panahan putri (Jazila Nuraini), solo song putri (Maitsa Alfiatul Khisna), medali perak diperoleh dari cabang ceramah Bahasa Indonesia putra (Favian Priyatama), ceramah Bahasa Arab putra (M. Fahmi Shiddiq), ceramah Bahasa Arab putri (Dian Usrokh Assaniyakh), solo song putra (Ilham Nur Pratama), medali perak diperoleh dari cabang ceramah Bahasa Jawa putri (Ayat Mukarromah), dan Lari putri (Jihan Zahira).

“AKSIOMA Kabupaten pada tahun ini intinya sebagai warming up atau pemanasan kegiatan setelah pandemi kemarin” kata Khamdan Asyfahaani ketua panitia AKSIOMA saat ditemui humas Kemenag Kebumen.

“Tidak semua cabang perlombaan diselenggarakan seperti tahun-tahun lalu” tambahnya.

Cabang perlombaan yang pesertanya berkelompok sesuai arahan kepala kantor Kemenag Kebumen ditiadakan, alasannya untuk mengurangi kerumunan.

Khamdan menjelaskan, ada 5 cabang seni dan 5 cabang olahraga putra-putri yang dipertandingkan yakni, ceramah bahasa Indonesia, Jawa, Inggris, dan arab, puisi, solo song, murottal, tahfidz, tenis meja tunggal dan ganda, tenis meja tunggal dan ganda, bulu tangkis tunggal dan ganda, panahan, lari cepat, serta catur. Ia menyampaikan, perlombaan melibatkan 306 siswa perwakilan MI se-Kabupaten Kebumen. Venue pertandingan terpisah di empat lokasi, bulu tangkis di GOR Al Ghazali Selang, Lari di Lapangan Alun-alun Kabupaten, panahan di lapangan Kwarcab Pramuka Kebumen, sisanya di MIN 4 Kebumen.(dw/fz/bd).