MIN 1 Kendal Gelar Sosialisasi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022

Kendal –  Dalam rangka mensosialisasikan Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Madrasah MIN 1 Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022, MIN 1 Kendal menggelar Sosialisasi Ujian Madrasah kepada orangtua siswa kelas VI, Sabtu (19/3).

Turut hadir Kepala Madrasah, Korbid Kurikulum, Panitia Ujian Madrasah,  Guru Kelas VI, dan Orangtua Siswa Kelas VI Kerajaan Selaparang, Kesultanan Sumbawa, Kesultanan Dompu, Kesultanan Bima, dan Kesultanan Adonara.

Kepala MIN 1 Kendal, Subiyono menyampaikan Sosialisasi Ujian Madrasah ini sangat penting dan harus diketahui orangtua siswa agar hal-hal yang terkait dengan kegiatan akhir di kelas VI ada kerja sama yang harmonis antara guru, orangtua siswa, dan siswa itu sendiri.

Beberapa hal yang diperhatikan orangtua siswa, lanjut Subiyono, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) 14 – 22 April 2022, Ujian Madrasah Tertulis 17 – 24 Mei 2022, Ujian Madrasah Praktik 25 – 31 Mei 2022, dan Ujian Tasmi’ 2 – 8 Mei 2022.

“Ujian praktik  tahun ini meliputi SBdP, PJOK, dan Tahfidz. Khusus Tahfidz kami memberikan ujian praktik regular dengan materi ujian sesuai kompetensi di kelas VI, yakni hafalan 3 surat pilihan, QS. Al – Mulk, Al – Waqiah, dan Yasin. Kemudian ujian praktik dalam rangka mengejawantahkan Madrasah Berkeunggulan Tahfidz, ada ujian Tasmi’ yakni menghafal mulai dari surat An – Nas  sampai dengan An – Naba’ ditambah 3 surat pilihan, QS. Al – Mulk, Al – Waqiah, dan Yasin, disimak langsung oleh Tim Penguji dari Pondok Pesantren Tahfidz As-Shiddiqie Brangsong Kendal,” papar Subiyono.

Menangkap dan mengikuti sosialisasi dengan seksama, Sri Subandini salah orangtua siswa Kelas VI Kesultanan Selaparang, menanyakan kembali seputar PAT dan Ujian Tahfidz. “Ijin bertanya, untuk PAT dilaksanakan kapan? Kemudian untuk Tahfidz, 3 surat pilihan itu harus hafal semua, atau memilih salah satu?” ungkapnya.

Menanggapi pertanyaan tersebut, sekretaris Panitia Ujian Madrasah, Mustofa berusaha menjelaskan bahwa PAT akan dilaksanakan  14 – 22 April 2022. Untuk 3 surat pilihan, siswa harus hafal ketiga-tiganya. Terkait teknis, nanti akan disampaikan oleh guru kelas atau penguji. (sby/bel/rf)