Monitoring Pengawas Pada Kegiatan PTS dan PAT MTs Negeri 1 Banjarnegara

Banjarnegara – Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap tahun pelajaran 2021/2022 di MTs Negeri 1 Banjarnegara memasuki hari ke-3 pada Rabu (9/3/22). PTS dan PAT merupakan salah satu  bentuk penilaian yang wajib diikuti oleh seluruh siswa dan telah berlangsung sejak Senin dan sedianya berakhir pada Sabtu (12/3/22) mendatang.

Di hari ketiga, MTs Negeri 1 Banjarnegara kedatangan Pengawas MTs/MA guna melakukan monitoring jalannya kegiatan PTS dan PAT.

Saat dijumpai di MTs Negeri 1 Banjarnegara, Laela Nur Isnaeni selaku Pengawas MTs/MA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara memberikan apresiasi kepada MTs Negeri 1 Banjarnegara yang telah melaksanakan kegiatan PTS dan PAT dengan tertib tanpa kendala atau hambatan berarti yang ditemukan saat kegiatan berlangsung.

“Saya sangat mengapresiasi langkah MTs Negeri 1 Banjarnegara yang melaksanakan PTS dan PAT secara daring dan luring menggunakan aplikasi Google Form dengan tetap menjaga protokol kesehatan di tengah maraknya omicron,” ucap Laela.

Selain mengapresiasi, Laela juga beberapa kali mengecek berkas-berkas hardfile keseluruhan soal PTS dan PAT di ruang Laboratorium Komputer, baik dari kisi-kisi soal, naskah soal maupun kunci jawaban.

“Saya sudah mengecek beberapa soal-soal PAT, dan semua sesuai kriteria. Selain mengecek soal-soal, saya juga mengecek bagaimana siswa/siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara dalam mengikuti kegiatan PTS dan PAT tersebut. Meskipun ditemukan beberapa anak yang mengalami kendala dalam mengakses aplikasi ujian namun hal tersebut justru bisa melatih kesabaran siswa sebagai bagian dalam pembentukan karakter anak,” lanjutnya.

Dari kegiatan monitoring ini, Laela juga berharap untuk kedepannya MTs Negeri 1 Banjarnegara mampu mempertahankan dan terus meningkatkan pelaksanaan kegiatan PTS dan PAT agar berjalan tertib dan sesuai prosedur. (ran/ak/rf)