PAIF Anjurkan Perkaya Diri Dengan Ilmu Untuk Sambut Ramadhan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Majlis Taklim Nurul Iman adakan pengajian khusus bahas sambut amalan di bulan suci Ramadan yang akan jatuh diawal April 2022. Majlis Taklim Nurul Iman merupakan salah satu binaan penyuluh agama Islam Non PNS Kemennag Kota Magelang yang berlokasi Tuguran RT 01 RW 06 Kelurahan Potrobangsan Kota Magelang.(Jum’at, 11/3).

Ramadan merupakan bulan mulia bagi umat Islam. Di dalamnya penuh keberkahan dan menjadi ladang memanen kebaikan dengan berbagai bentuk peribadatan. Hamba Allah akan digembleng hawa nafsu hingga kesabarannya di bulan ini agar mampu memetik berbagai keutamaan di dalamnya. Salah satu keutamaan Ramadan antara lain dilipatgandakannya pahala sampai tak terkira dalam berbagai ibadah yang dikerjakan setiap muslim. Ibadah tersebut termasuk puasa, shalat, dan bentuk peribadatan lainnya.

Ahmad Wildan dihadapan jama’ahnya mengingatkan “Kita harus menyiapkan diri untuk menyongsong hadirnya bulan suci Ramadan, diantaranya adalah membekali diri dengan ilmu, Memiliki ilmu sebelum beramal sangat penting karena tanpa adanya ilmu maka peribadatan akan sia-sia. Oleh sebab itu, pelajari berbagai hal mengenai seluk beluk Ramadan sehingga bisa menjalaninya dengan berbagai ibadah yang benar dan sesuai tuntutan dari Nabi Muhammad SAW,” terangnya.

“Ilmu merupakan sebuah kunci akan segala kebaikan serta pengetahuan. Ilmu menjadi sebuah sarana untuk bisa menjalankan apa yang menjadi perintah Allah kepada kita. Tidak akan sempurna akan keimanan serta tak sempurna pula amal kecuali dengan keutamaan sebuah ilmu. Nabi Muhammad SAW tidak pernah mewariskan uang emas serta tidak pula uang perak, namun untuk mereka yang telah mewariskan ilmu. Keutamaan menuntut ilmu adalah lebih tinggi daripada uang serta emas yang dalam sifat materi. Karena, ketika seseorang memiliki ilmu serta mengajarkannya, maka akan menjadi amal jariyah yang terus mengalir,” imbuhnya.

Mempelajari  diluar Ilmul Hal hukumnya adalah fardhu kifayah. Oleh karena itu dalam menghadapi bulan Ramadhan kita pun diwajibkan untuk mengetahui seluk-beluk tentang ibadah puasa Ramadhan yang menyangkut rukun, sunah maupun hal yang membatalkana puasa. (Wildan/Hari/rf).