Pegawai Kemenag Ikuti Upacara Hari Jadi Kabupaten Demak ke-519

Demak – Seluruh pegawai Kemenag Demak mengikuti upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Demak ke-519 tahum 2022 di aula Kemenag, Senin (28/03/2022).

Tanggal 28 Maret ditetapkan Pemerintah Kabupaten Demak sebagai Hari Jadinya. Di Tahun ini memasuki usia yang ke-519. Berbagai jenis kegiatan diadakan dalam rangka untuk memperingatinya. Dan puncaknya, Senin kemarin (28/03) dilaksanakan upacara bendera yang dirangkai dengan kegiatan ziarah ke makam Sultan Fatah dan Sunan Kalijaga.

Pelaksanaan upacara dipusatkan di pendopo kabupaten diikuti oleh Forkopimda, Kepala Bagian, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Kepala Satker vertikal, serta diikuti secara daring oleh seluruh instansi/lembaga melalui live streaming di kantor masing-masing.

Menariknya, sesuai surat edaran dari Bupati Demak, seluruh peserta upacara diwajibkan mengenakan pakaian adat Demak, tak terkecuali pegawai Kemenag Demak. Sehingga suasana kantor Kemenag saat itu pun nampak berbeda dari biasanya.

“Mohon selama upacara berlangsung agar dapat diikuti dengan hikmat. Dan kami ucapkan terimakasih anda dengan kompak mengenakan pakaian adat Demak sesuai edaran Bupati.” ucap Kasubbag TU, Nur Fauzi, mengapresiasi.

Begitu live streaming dimulai, mereka nampak mulai fokus pada jalannya acara yang terlebih dahulu diawali pembacaan sejarah berdirinya Kesultanan Demak. Kegiatan yang sedianya dilaksanakan di halaman Setda, karena pagi itu terjadi hujan gerimis maka terpaksa dialihkan di Pendopo Kabupaten.

Upacara dipimpin langsung Bupati Demak, Hj. Eisti’anah. Dengan mengenakan setelan kebaya warna merah marun yang dikombinasi dengan bawahan motif batik, ia memimpin jalannya upacara dengan anggun dan tegas.

“Sejarah mencatat, Demak merupakan Kerajaan Islam pertama dan telah menjadi pusat peradaban di pulau Jawa. Kita berharap warisan kejayaan Kerajaan Demak ini mampu meningkatkan semangat dan daya juang dalam membangun kabupaten Demak,” kata Bupati dalam pidatonya.

Dalam momen itu, ia juga mengajak masyarakat Demak untuk bersama-sama berusaha menjadikan Kabupaten Demak gemah ripah loh jinawi sesuai tema hari jadi tahun ini “Guyub rukun bangun Demak lebih bermartabat, maju dan sejahtera.”

Sementara itu, setelah rangkaian upacara selesai pegawai Kemenag yang mengikuti jalannya upacara dari aula Kemenag itu melanjutkan acaranya sendiri yaitu membaca tahlil dan doa bersama yang dipimpin Kasi Penyelenggara Haji & Umroh, Sujati.(msr/rf).