Pemantapan KSN-K 2022

Kab. Pekalongan – MAN Pekalongan mengadakan rapat persiapan Pemantapan Kompetisi Sains Nasional Kab/Kota  tahun 2022. Kegiatan ini diikuti stakeholder, guru pembina dan operator KSN. Kegiatan ini dilaksanakan di aula lantai 1 dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Rabu , 2 Maret 2022.

Berbekal pengalaman KSN tingkat Kab.Pekalongan  2021 MAN Pekalongan juara 1 Geografi, Fisika dan Informatika dari 9 mapel yang dperebutkan. Ungkapan mempertahankan akan lebih sulit daripada meraih kejuaraan menjadi prolog kegiatan rapat persiapan KSN-K 2022. Di samping itu pembinaan intensif guru pembimbing, tim dosen UNNES, Training Centre, try out, kompetisi online dan karantina peserta KSN menjadi daya dukung pencapaian kejuaraan KSN-K 2021.

Kegiatan rapat persiapan pemantapan KSN-K di awali dengan evaluasi dan masukan dari peserta rapat baik stakeholder, guru pembina dan operator. Jalannya rapat persiapan  pemantapan KSN-K dinamis dan penuh demokratis.

Adapun rumusan hasil rapat persiapan pemantapan KSN- K sebagai berikut : 1. Menyusun time schedule; 2. Menyeleksi peserta KSN-K setiap mapel 5 orang; 3. Melakukan pendaftaran peserta KSN secara online oleh operator tanggal 1 – 19 Maret 2022; 4. Mendownload dan mendistribusikan kisi-kisi/garis besar materi KSN; 5. Membuat peta konsep materi KSN oleg guru pembimbing; 6. Melaksanakan bimbingan intensif secara tatap muka; 7. Melaksanakan penggalian konsep materi, try out dan drill soal secara periodik dan intensif; 8. Melakukan kerja sama tutorial bimbingan dengan SMA, bimbel dan perguruan tinggi secara tatap muka yang disesuaikan anggaran madrasah (opsional); 9. Menyiapkan sarana prasarana yang mendukung kelancaran KSN seperti labkom dan internet serta kelengkapan lainnya; 10. Megoptimalisasi sumber anggaran dari BOS (pelatih dari luar, panitia dan transpor di luar jam kerja); 11. Mengoptimalisasi sumber anggaran pendamping dari komite (program kegiatan kesiswaan, KSN); 12. Menyelenggarakan kegiatan motivasi peserta KSN; 13. Membentuk time work yang solid untuk sukses KSN; 14. Menyelenggarakan evaluasi kegiatan secara periodik; dan 15. Membudayakan doa dan istighosah.

“Usaha dan doa harus seiring sejalan demi sukses kegiatan. Semoga kesehatan, kelancaran, kemudahan dan keberkahan senantiasa tercurah untuk  peserta, tim KSN dan keluarga besar MAN Pekalongan. Aamiin.” tutur Mudasir kepada Tim Redaksi. (C-NA/Ant/bd).