Pentingnya Pembangunan Soliditas Guna Terwujudnya Cita-Cita Organisasi

Semarang, Kamis (17/3/2022) digelar Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa di halaman Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Agama (MA) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa. Menag menginstruksikan agar seluruh Aparatur Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan penghormatan bendera merah putih dan doa setiap tanggal 17.

Ikut dalam upacara ini seluruh pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Semarang. Bertindak selaku pembina upacara adalah Kepala Kankemenag Kota Semarang, sedangkan petugas kali ini merupakan gabungan antara pegawai pada Seksi Pendidikan Diniyah (PD) dan Pondok Pesantren (Pontren), dan Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI). Tantowi Jauhari Kepala Seksi (Kasi) PD. Pontren bertugas sebagai pembaca doa.

Dalam doa yang dipimpin oleh Tantowi, ia mengajak kepada keluarga Kankemenag Kota Semarang untuk memanjatkan pinta kepada Tuhan YME agar menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Lewat doa yang dibacanya, ia juga menyelipkan pesan agar seluruh ASN di lingkungan Kankemenag Kota Semarang saling menebar kedamaian, saling menjaga kerukunan, dan saling memberikan dukungan demi kemajuan bersama.

Dibagian lain, Tantowi menuturkan pentingnya membangun soliditas atau kekompakan antar pegawai guna terwujudnya cita-cita organisasi.

“Jumlah pegawai setiap tahun semakin berkurang , baik karena pensiun, meninggal atau karena mutasi, sedangkan tanggung jawab pekerjaan tidaklah ikut surut bahkan bertambah dengan tuntunan perkembangan zaman. Kondisi ini memang sungguh ironis, untuk itulah guna terwujudnya pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) instansi sangat diperlukan kerja sama yang baik antar unsur yang ada di lingkungan instansi, sehingga pekerjaan yang berat akan terasa ringan jika dipikul bersama,” ujar Tantowi.(NBA/bd)