PPDB MAN 2 Rembang Jalur Prestasi Resmi Dibuka

Rembang — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN 2 Rembang Tahun Pelajaran telah 2022/2023 resmi dibuka. Untuk kuota tahun ini pihak madrasah akan menerima sebanyak 432 peserta didik baru yang nantinya akan ditampung dalam 12 rombel. Ada tiga program yang dibuka yaitu, MIPA, IPS, dan Keagamaan.

Pendaftaran calon peserta didik baru MAN 2 Rembang tahun ini terbagi menjadi dua gelombang. Pertama jalur prestasi yang dibuka mulai 1 Maret sampai 25 April 2022 dan pengumuman 27 April 2022. Sementara gelombang kedua untuk jalur reguler dengan rentang waktu 9 Mei sampai 23 Juni 2022, pengumuman dua hari setelahnya.

Syarat pendaftaran secara umum yaitu peserta didik kelas IX SMP/MTs sederajat, menyerahkan fotokopi nilai raport semester tiga sampai lima, pas foto 3×4 sebanyak dua lembar, fotokopi Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, NISN (print out), serta Kartu Indonesia Pintar (KIP) jika ada.

Selain itu, pendaftar juga bisa menyerahkan fotokopi berbagai piagam yang dimiliki dalam bidang akademik maupun non akademik dengan minimal juara 3 kabupaten. Yang mempunyai hafalan Al-Quran juz tertentu juga bisa melampirkan sertifikat atau syahadah tahfidz untuk seleksi masuk kelas tahfidz.

Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, datang langsung ke madrasah dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan. Protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Di ruang PPDB sudah ada panitia yang siap melayani dan membantu input data.

Kedua, pendaftar bisa mengisi dari rumah secara online lewat web http://ppdb.man2kabrembang.sch.id. Untuk pendaftaran secara online ini, awalnya calon peserta didik harus membuat akun terlebih dengan mengisi nama, NIK, TTL, nomor HP, serta yang paling penting kode password yang diinginkan.

Setelah pembuatan akun selesai, pendaftar bisa langsung masuk dengan memasukkan NIK dan password yang telah dibuat. Proses selanjutnya pengisian data-data yang ada seperti data diri, data orangtua, dan nilai raport semester tiga sampai lima. Selanjutnya mengunggah berkas dengan format pdf. Oleh sebab itu harus dipersiapkan file berkasnya.

Pendaftar juga bisa mengunggah foto jika sudah ada. Setelah semua proses selesai akan keluar file formulir pendaftaran. Form ini disimpan dan bisa dicetak sebagai bukti pendaftaran.

Bagi pendaftar yang mendaftar langsung di madrasah diharapkan selain membawa berkas yang disyaratkan juga menyiapkan dalam bentuk file pdf untuk memudahkan panitia dalam menginput data, termasuk sudah menyiapkan file foto. Panitia bagian akan membantu proses pembuatan akun dan input data.

Faza Muna Azura, calon peserta didik yang mendaftar di hari pertama mengaku antusias untuk bisa bergabung dengan keluarga besar MAN 2 Rembang. Ia mengaku pilihan pertamanya memang di MAN 2 Rembang.

“Saya sudah sering mendengar tentang madrasah ini. Teman saya banyak yang sekolah disini, bahkan saudara-saudara saya dari dulu juga banyak yang melanjutkan pendidikan di MAN 2 Rembang,” ujar siswi SMP N 1 Pucakwangi tersebut.

Faza yang berasal dari Pati ini diantar keluarganya langsung mendaftar di madrasah. Ia mendaftar di jalur prestasi karena ingin masuk di kelas unggulan. “Jika resmi diterima, saya berencana akan sekaligus mondok di Lasem,” pungkasnya.

Untuk memfasilitasi bagi calon peserta didik yang ingin bertanya perihal PPDB ini, panitia juga telah membuat grup WA yang berisi calon peserta didik baru dengan panitia. Di grup ini segala pertanyaan maupun kesulitan bisa diajukan yang akan langsung dijawab oleh pihak yang terkait.(huda/iq/rf)