PPK Peserta Didik MTs Negeri 8 Kebumen Melalui Program Unggulan Tahfidz

Kebumen- Dalam rangka menggalakkan program menghafal kitab suci Al Qur’an, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 8 Kebumen menyelenggarakan program kegiatan menghafal Al Qur’an bagi peserta didiknya, kegiatan bertujuan untuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) peserta didik sekaligus mengembangkan konsep madrasah berbasis tahfidz al-Qur’an.

Menurut ketua program tahfidz MTs Negeri 8 Kebumen H. Mohamad Sun Ngali saat diwawancara pada hari Rabu (09/03) mengatakan, target peserta didik lulus dari madrasah minimal hafal juz 30.

“Program ini dilatarbelalakangi karena masih ada lulusan madrasah yang belum lancar membaca Al Qur’an, kenakalan remaja dan banyaknya para peserta didik yang terbius dengan Hand Phone utamanya media social,” ungkapnya.

Program ini  diterapkan setiap hari dengan dua pendamping, dan setelah berjalan banyak dari peserta didik yang mempunyai bacaan bagus dan cepat menghafal. mendapat hasil yang lumayan. “Semoga  bisa dirasakan masyarakat dan semakin tinggi  animo masyarakat menyekolahkan putra putrinya ke MTs.N 8 Kebumen,” ujar Sun Ngali.

Kepala madrasah melalui Sun Ngali menyampaikan bahwa program tahfidz sebagai program unggulan adalah untuk menyiapkan lulusan MTs Negeri 8 Kebumen yang berkarakter, tidak hanya hebat di mata pelajaran umum tapi juga ditambah kompetensi bidang agama. “Madrasah lebih berorientasi pada pendidikan moral atau akhlaq tanpa meninggalkan pengetahuan umum,” tandasnya.(diw/fz/bd).