Rakor Tim Website, Siap Wujudkan Website yang Proper

Semarang, Rabu (23/3/2022) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Website dalam rangka pengembangan dan peningkatan produktivitas penulisan berita pada website Kemenag Kota Semarang dan Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Hal ini disampaikan oleh Rachmad Pamudji selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kota Semarang di Rumah Makan Apung Kampung Laut sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.

Rakor diikuti oleh pejabat struktural dan Tim Website Kemenag Kota Semarang, sejumlah 30 orang.

Hadir pula Kepala Kankemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah. Dalam sambutannya ia memberikan pembinaan agar website Kemenag Kota Semarang menjadi website yang proper karena menurutnya website merupakan cerminan diri instansi dan menjadi salah satu parameter dalam penilaian Zona Integritas( ZI) dimana tahun ini Kemenag Kota Semarang dalam proses menuju ZI.

Melanjutkan harapan dari Kepala Kantor, Arya Maulana selaku anggota Tim Website memberikan paparan terkait pengembangan website Kemenag Kota Semarang, dari mulai menjelaskan fungsi dari masing-masing fitur, sampai dengan bagaimana cara mengoperasikan fitur-fitur tersebut.

Dengan telaten, laki-laki yang mendapat julukan reserse Tim Website oleh rekan-rekan kerjanya, memberikan bimbingan dan pengarahan kepada peserta kegiatan.

Ia sampaikan bahwa tampilan baru dari menu profil pada website Kemenag Kota Semarang sebagai salah satu bentuk inovasi dalam rangka upgrading terhadap publikasi pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) masing-masing unit kerja.

“Masing-masing satuan kerja (satker) telah kami buatkan rumah yaitu melalui blog-blog yang terintegrasi dengan alamat email masing-masing. Dalam rumah ini, satker dapat melakukan unggahan terkait pelaksanaan tusinya, apakah itu berisi artikel, berita atau informasi lainnya,” tutur Arya.

Arya yang juga berprofesi sebagai Pranata Komputer (Prakom) Kemenag Kota Semarang menambahkan tujuan dari pembuatan blog pada masing-masing unit kerja adalah untuk memudahkan bagi masyarakat jika ingin mengakses informasi atau layanan yang mereka butuhkan.

“Untuk itu, kami mohon keaktivan dari masing-masing satker dalam mengisi blog yang sudah kami buatkan tersebut, sehingga sebagaimana harapan bersama yaitu website kita menjadi website yang bersifat informatif, bisa terwujud,” imbau Arya.

Pada kesempatan ini pula, Arya memberikan opsi bagi masing-masing pemangku jabatan, untuk memilih model blog yang ingin digunakan pada masing-masing satker.

Menanggapi apa yang disampaikan Arya, Abdul Gahfur selaku Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam (PAI) menyampaikan apresiasinya atas inovasi ini dan menyerahkan sepenuhnya kepada Tim Website.

“Pada prinsipnya kami siap mendukung terkait inovasi digitalisasi informasi pada website kita. Terkait model atau bentuk blognya, kami ikut saja, yang penting sesuai dengan kaidah nomenklatur yang berlaku,” ujar Ghafur.

Senada yang disampaikan Kasi PAI, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD. Pontren) juga menyatakan siap mendukung program kerja dari Tim Website dan mengimbau agar melalui website pula bisa dilakukan pengintegrasian dan pengelolaan terkait aduan masyarakat dengan aplikasi SIAP LAPOR.

Arya bersama tim menyampaikan akan mengakomodir dan segera menindaklanjuti apa yang menjadi pengharapan dari peserta kegiatan, sehingga website Kemenag Kota Semarang menjadi website yang proper sebagaimana yang telah disampaikan oleh Kepala Kantor.(Dintha/NBA/bd)