Sambut Ramadhan, Penyuluh Agama Islam Gelar Festival Santri Digital

* Setelah membuka acara festival santri digital, Kasi. PD. Pontren H.Sugiedi berpose bersama Kepala KUA, Koordinator Penyuluh Agama Islam dan Ketua Badko LPQ Kecamatan Pecalungan

Batang – Untuk menyambut bulan Ramadhan dan menyemarakkan program podcast di KUA Kecamatan Pecalungan, Penyuluh Agama Islam bekerjasama dengan Badko LPQ Kecamatan Pecalungan, menggelar acara Festival Santri Digital di studio Podcast “Pecalungan Menyapa” kemaren pada Minggu (20/03).Acara tersebut ikuti oleh 20 lembaga TPQ di Kecamatan Pecalungan Kab. Batang, terdiri dari 20 peserta dengan 2 mata lomba adzan dan tartil Al-qur’an. Virtual Opening Ceremony dibuka langsung oleh Kasi PD.Pontren Kemenag Kab. Batang H. Sugiedi .

Dalam sambutanya H. Sugiedi menyampaikan selamat pada para penyuluh agama Islam Kecamatan Pecalungan bersama badko LPQ yang telah menggagas acara ini, paling tidak siar Islam kususnya bagi anak-anak dapat semakin nyata.

“Kami menyambut baik dan mengucapkan selamat atas dilaksanakannya Festival Santri Digital 2022 ini. Kami melihat kegiatan ini sangat menarik, dilakukan secara virtual melalu studio podcast FKPAI Pecalungan Menyapa, walau cabang yang dilombakan hanya ada 2,” kata H. Sugiedi.

Dalam kesempatan yang sama, Maskur Produser Podcast FKPAI “ Pecalungan Menyapa” menyampaikan bahwa hadirnya media podcast di kecamatan pecalungan, harus mampu menjawab tantangan dunia digital, terus memberi manfaat serta menebarkan syiar agama Islam melalui sosial media.

“Penyuluh Agama Islam harus selalu melakukan inovasi dakwah, agar syiarnya bisa dilihat dan dirasakan masyarakat langsung,” kata Maskur

Sementara itu Muhtarom, Kepala KUA Pecalungan, dalam keterangannya menyampaikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Penyuluh Agama Islam dengan menggandeng Badko LPQ Kecamatan Pecalungan dalam menyelenggarakan Festival Santri Digital.

“Penyuluh Agama Islam harus mampu bermitra dengan dinas instansi, Ormas Islam serta kelompok masyarakat sebagai mitra kerja agar kegiatan penyuluh Agama Islam bisa lebih bersinergi,” kata Muhtarom.

* Salah satu peserta lomba adzan dari salah satu TPQ sedang perform yang ditayangkan langsung di youtube

Ketua Badko LPQ Kecamatan Pecalungan, Ali Homsah dalam tanggapannya mengucapkan terimakasih atas dukungan dan suport dari FKPAI Pecalungan, sehingga saat ini dapat menggelar kegiatan bersama dalam siar agama Islam.

 “Alhamdulillah berkat  kerjasama yang baik antara badko LPQ dan Podcast FKPAI pecalungan menyapa, Festival Santri Digital dapat berjalan dengan lancar dan satu kata yang dapat saya sampaikan adalah kata luar biasa dan bangga,” kata Ali Homsah.

Salah satu peserta yang ikut dalam event tersebut, Faiz habibilah dari TPQ Al Hikmah, saat dihubungi setelah mengikuti kegiatan itu mengatakan bahwa awalnya grogi dan takut karena harus tampil di yoytube, namun setelah mencoba beberapa kali akhirnya lancer juga.

“ Awalnya saya grogi dan takut, karena harus tampil di studio dan disaksikan di Youtube, tapi setelah mencoba berkali-kali, akhirnya berani dan lancar,” katanya.(Maskur/Zy_humas/rf)