Satukan Langkah Jelang PPDB 2022

Kab. Pekalongan – Salah satu agenda besar dalam sebuah madrasah yang harus diusung dan disukseskan bersama adalah PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). MTsN 2 Pekalongan telah bersiap sejak awal tahun 2022 yakni dengan menyusun konsep dan jadwal kegiatan, serta membentuk kepanitiaan.

Bertindak sebagai ketua panitia, Matyuri, S.Pd yang juga menjabat Waka Kesiswaan. Seluruh anggota panitia PPDB mulai bergerak. Diawali dengan rapat koordinasi, semua memiliki harapan sama yakni tercapainya target input peserta didik baru baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Rapat dilaksanakan pada Sabtu, 5/3/2022 pukul 10.30 hingga 12.30 WIB bertempat di ruang kelas 7A dan 7B serta dihadiri oleh unsur pimpinan dan GTK MTsN 2 Pekalongan.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Imam Sayekti menyampaikan pengarahannya terkait pelaksanaan PPDB sebagai hajat besar madrasah yang harus disukseskan bersama. Menurutnya, berdasarkan juknis PPDB yang diterbitkan oleh Dirjen Pendis Kemenag RI, madrasah bisa mulai membuka pendaftaran melalui jalur peminatan mulai bulan Maret ini. sedangkan untuk jalur reguler bisa dimulai awal bulan Mei hingga Juli 2022.

Kesempatan ini tentu tidak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh panitia untuk melaksanakan sosialisasi baik itu kepada siswa-siswa SD/MI di kecamatan Kesesi sekitarnya maupun kepada para tokoh masyarakat.

“Mari bekerja bersama agar target yang sudah kita tetapkan yakni 8 rombel bisa tercapai. Semoga input kualitas pun akan meningkat pada tahun ini.” tuturnya.

Sementara itu, Matyuri dalam kesempatan tersebut menyampaikan penjelasan teknis terkait pelaksanaan sosialisasi PPDB. Ia menyatakan bahwa sosialisasi kepada siswa kelas 6 SD/MI akan segera digelar pada 8,9 dan 10 Maret 2022.

Sebanyak 35 SD/MI di wilayah Kesesi dan sekitarnya telah tercatat menjadi sasaran sosialisasi. Masing-masing sekolah telah ditetapkan pula petugas sosialisasi yang harus menjalin komunikasi dengan pihak SD/MI sehingga bisa melaksanakan sosialisasi baik secara langsung (luring) maupun daring.

Sementara itu, guru PJOK itu juga menjelaskan bahwa pendaftaran jalur peminatan akan dibuka pada 14 s.d. 30 Maret 2022. Untuk daftar ulang digelar mulai 15 s.d. 31 Maret 2022. Sedangkan pendaftaran jalur reguler akan dibuka jika jumlah pendaftar belum memenuhi kuota.

Untuk menyukseskan sosialisasi, ia berpesan kepada semua petugas sosialisasi agar bekerja dengan ikhlas, cerdas dan tuntas.

“Kami tekankan kepada rekan-rekan semua agar tetap menyambung komunikasi dengan pihak SD/MI selama periode pendaftaran. Sampaikanlah materi yang terbaik kepada anak-anak kelas 6 agar mereka tertarik dan bersemangat untuk melanjutkan ke MTsN 2 Pekalongan. Untuk materi sosialisasi akan kami sediakan baik dalam bentuk brosur maupun video. Bismillah, semoga kerja keras kita semua mendapat ridho dari Allah. Semoga target dan tujuan kita di tahun ini bisa terwujud sesuai harapan.” pungkasnya. (Why/Ant/bd).