Semiloka Pokjawas PAI Kab. Karanganyar

Karanganyar – Pengawas PAI di Lingkungan Kemenag Karanganyar mengikuti kegiatan Semiloka Pokjawas PAI Kab. Karanganyar. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 1 Karanganyar pada Selasa, 1 Maret 2022. Bertindak sebagai narasumber adalah Pangarso Yuliatmoko, Ketua APSI Provinsi Jawa Tengah .

Pangarso Yuliatmoko menyampaikan Kegiatan ini bertema Digitalisasi Ekosistem Sekolah.

“Digitalisasi Ekosistem Sekolah dimaksudkan adalah Interaksi antara siswa, guru, orang tua, institusi sekolah dan pemerintahan bertransformasi menjadi digital, sehingga membentuk sebuah jaringan sumber pengetahuan dan pendidikan yang saling berhubungan dalam sebuah sistem yang tidak bisa dikatakan sederhana, namun dapat bergerak dan bekerjasama dengan baik dan bersinerg,” ujarnya.

Pangarso Yuliatmoko  juga  menyampaikan pentingnya Pengawas PAI menguasai Teknologi di era digital sekarang ini, aplikasi yang ada harus memberikan manfaat dan kemudahan bagi penggunanya.

“Teknologi Informasi Dan Komunikasi sangat penting didalam dunia Pendidikan saat ini, diantaranya Alat Bantu Pembelajaran E-learning, Sumber Ilmu Pengetahuan OER (Online Education Resources), Pendukung Manajemen E-administrasi,” jelasnya.

Munfarid, Pengawas PAI SMA/SMK Kab. Karanganyar menyampaikan bahwa Para pengawas sangat membutuhkan informasi tehnologi ini guna untuk Transformasi Kerja Pengawas Sekolah.

“Transformasi Kerja Pengawas Sekolah diantaranya Kepemimpinan & Kebijakan,  Pengawasan Sekolah Modern, Lingkungan Cerdas, Cetak Biru (blueprint) Teknologi,” jelasnya.

Dalam kegiatan Semiloka tersebut juga dipaparkan program APSI Prov. Jateng, diantaranya Memperjuangkan terbitnya peraturan yang berpihak kepada kepentingan pengawas sekolah, Memiliki kantor kesekretariatan beserta sumber dayanya, Melaksanakan transformasi peran dan mengembangkan profesi Pengawas Sekolah, Melaksankan koordinasi dan tata kelola APSI Provinsi dan Kab/Kota, Memperjuangakan kesejahretraan Pengawas Sekolah,  Pemanfaatan TIK dalam penyebaran Informasi organisasi dan ilmu pengetahuan di bidang kepengawasan.(ida/sua)